20 Oleh-oleh Khas Pekalongan yang Kekinian Saat Ini

Oleh-Oleh Khas Pekalongan

Oleh-oleh Khas Pekalongan – Berwisata menjadi kesukaan sebagian orang, bisa jadi salah satunya yakni Anda. Beri kesegaran kembali pikiran yang pengap serta badan yang sudah mulai penat adalah alasan sangat logis dari hal ini. Lantas, bagaimana dengan wisata belanja? Apakah juga menjadi kegeraman kamu?

Dalam Berliburan kurang afdol jika tidak mencari oleh-oleh khas daerah yang disinggahi. Oleh-oleh yang dibeli umumnya berupa makanan atau pernak-pernik. Oleh-oleh itu dibeli buat disantap sendiri, digunakan sendiri, ataupun dibagi ke sanak keluarga.

Manjakan Diri dengan Wisata Belanja Oleh-Oleh Khas Pekalongan yang Favorit

Memanjakan diri bisa dengan beragam cara, kamu yang kebetulan tengah mendapatkan bonus dari tugas bisa berekreasi sambil berbelanja. Menghabiskan uang bonus dengan membelanjakannya pasti akan membikin suasana hati kembali gembira. Apabila, tidak mengganggu tabungan dan uang bulanan.

Wisata belanja menjadi salah satu cara buat mengusir kepenatan. Mereka yang suka sekali terhadap aktifitas ini biasanya yakni para wanita. Meskipun demikian, para lelaki juga banyak yang menyukai kegiatan ini.

Membeli berbagai perlengkapan yang kadangkala tak diperlukan menjadi seni sendiri dalam Bertamasya sembari belanja ini. Namun, hal tersebut mungkin hanya terjadi pada mereka yang memiliki sifat shopacholic. Sementara yang lainnya, barang-barang yang dibeli umumnya memang mempunyai kegunaan tersendiri.

Saat-saat yang sangat membahagiakan saat wisata belanja berlangsung adalah saat memilih aneka oleh-oleh atau buah tangan. Menawar dengan harga serendah-rendahnya lalu mendapatkan barang itu merupakan sebuah prestasi tersendiri, terutama buat kaum wanita. Memperoleh barang yang diinginkan dengan harga yang cukup bersahabat dengan kantong merupakan kepuasan tersendiri.

Memanjakan diri dengan cara yang satu ini memang membutuhkan budget khusus. Tidak boleh dicampur dengan kebutuhan untuk sehari-hari. Sudah pasti, agar sepulangnya dari berwisata, Anda tidak kembali stres memikirkan uang yang habis.

Wisata Belanja Oleh-oleh di Pekalongan yang Terkenal

Indonesia mempunyai banyak sekali tempat wisata. Tempat rekreasi itu pastinya sudah lengkap dengan para pedagang yang menjajakan oleh-oleh atau buah tangan. Salah satu kota tujuan liburan yang banyak diminati oleh warga, baik dalam maupun luar negeri yakni Pekalongan.

Di Pekalongan, Anda bisa berwisata belanja sepuasnya. Membeli barang-barang cantik juga unik khas kerajinan tangan warga tentu tidak akan kamu lewatkan. Harganya yang murah serta bentuknya yang unik merupakan kekuatan yang dimiliki oleh barang-barang khas Pekalongan.

Berikut Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Pekalongan yang Favorit

– Capret Pekalongan
Capret merupakan suatu pilihan tepat ketika sudah di Pekalongan. Capret adalah kerupuk khas Pekalongan yang berukuran kecil. Walau teksturnya keras seperti kerupuk kebanyakan, tetapi soal rasa Capret tak pernah mengecewakan penikmatnya.

Berbahan dasar aci dengan beberapa bumbu khusus yang akan menghasilkan renyah dan gurih Capret khas Pekalongan. Ada beragam rasa yang ditawarkan yakni original, balado, pedas asin, jagung bakar BBQ dan sapi panggang. Oleh-oleh khas Pekalongan satu ini paling nikmat dijadikan sebagai camilan bersantai keluarga di rumah.

– Ogak Jahe pekalongan
Ogak Jahe atau akrab disebut binteng jahe. Cemilan khas Pekalongan ini bercita rasa manis dan sesuai dijadikan teman bersantai dengan segelas teh hangat. Bahan utama Ogak Jahe yakni jahe dan kelapa yang dicampur gula. Karena terdapat jahe maka rasanya tak hanya manis tetapi sedikit pedas. Tentunya cita rasa itulah yang bikin kamu tergoda segera menyantapnya. Uniknya lagi bagi kamu yang sedang menghadapi cuaca dingin di Pekalongan, Ogak Jahe cocok sebagai penghangat tenggorokan. Oleh-oleh khas Pekalongan ini praktis, nikmat dan bakal bikin kamu ketagihan ketika menyantapnya.

– Ganyong pekalongan
ajanan ini dapat ditemui di sekitar daerah Kutorojo, Pekalongan. Ganyong memiliki rasa manis dan ber tekstur empuk. Sangat cocok jika dijadikan pendamping minum kopi maupun teh hangat

– Kripik Tahu pekalongan
Makanan ringan khas Pekalongan yang pertama sebagai oleh-oleh yaitu kripik tahu. Makanan ini adalah salah satu makanan khas Pekalongan yang sangat disayangkan kalau Anda lewatkan. Makanan khas yang satu ini adalah makanan ringan khas Pekalongan yang cukup menjadi favorit. Kripik tahu ini terbuat dari bahan dasar tahu yang telah diberi bumbu khusus lalu digoreng agar tekstur tahu menjadi mengembang renyah.

– Kue Glundung
Kue Glundung sering dikaitkan dengan makanan jemblem karena dari penampakan dan isiannya mirip. Rasanya manis dan ketika dikunyah akan memberi sensasi gurih legit yang membuat siapapun ketagihan. Menikmati Kue Glundung sendirian masih belum terasa puas, ada baiknya jadikan oleh-oleh dari Pekalongan buat orang tercinta.

– Kerupuk gendar
Kerupuk gendar terbuat dari bahan dasar nasi yang diberi campuran bumbu rempah dan penyedap rasa. Agar semakin kenyal, adonan dari kerupuk gendar ini biasanya diberi tambahan tepung tapioka. Setelah adonan jadi, lalu adonan kerupuk gendar di potong menjadi tipis-tipis dan dijemur hingga kering. Setelah kering kerupuk gendar siap untuk digoreng.

– Kopi Tjanting
Kopi menjadi salah satu minuman yang tak pernah absen dicari saat berlibur, termasuk Kopi Tjanting. Kopi khas Pekalongan ini ramai diburu wisatawan karena rasa khasnya. Biji kopinya dipetik langsung dari perkebunan di daerah Jolotigo. Disinggung soal rasa khasnya, rasa tersebut diperoleh karena proses membuat Kopi Tjanting memakai teknik roasting medium.

Tersedia bermacam varian biji kopi, yakni robusta, arabika dan excelsa. Kopi ini dikemas dengan masing-masing warna berbeda untuk setiap rasa. Warna merah untuk jenis excelsa, keemasan untuk arabika dan hitam untuk kopi jenis robusta. Jadi, bagi kamu pecinta kopi belum rasanya ketika tidak membawanya pulang sebagai buah tangan.

– Apem Kesesi Pekalongan
Apem Kesesi adalah kue tradisional yang memiliki rasa legit, asal kue ini dari daerah Kesesi, Pekalongan. Bahan dasar pembuatan kue ini adalah tepung beras yang diberi campuran gula aren. Bentuk dari apem kesisi bulat pipih dan memiliki warna cokelat, dengan penyajian beralaskan daun pisang.

– Batik Tangan Khas Pekalongan
Tak akan lengkap rasanya berkunjung ke Pekalongan tanpa membawa cinderamata batiknya, seperti Batik Tangan Khas Pekalongan yang dibuat langsung oleh pengrajin. Batik Pekalongan ini memiliki ciri khas yaitu warna-warna kecoklatan (sogan) dari pewarna alami kulit kayu.

Beberapa jenis batik khas Pekalongan yang dibuat tradisional memakai canting umumnya relatif mahal. Namun, dengan keindahannya yang otentik, kamu tak akan menyesal ketika membawanya pulang sebagai cinderamata. Jadi, bagi kamu pecinta batik, Batik Tulis Pekalongan wajib banget kamu bawa pulang.

Itulah Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Pekalongan yang Wajib dibawa Pulang saat ini.

Alam disekitar Indonesia selalu menjadi daya tarik dan minat semua orang, mulai dari masyarakat lokal atau sekitar Indonesia sampai dengan masyarakat macanegara atau dunia. Keindahan alam yang dimiliki oleh Indonesia begitu indah dan beragam yang memang wajar akan selalu diminati para pelancong. Mulai dari danau, laut, bukit, pegunungan, hutan, dan lain sebagainya terdapat di Indonesia.

Dengan kita berwisata di indonesia dan membeli oleh-oleh dari masyarakat lokal yang ada di daerahnya. Kita turut membantu mengangkat perekonomian dan juga keberlangsungan tempat-tempat wisata indah yang ada di indonesia