8 Oleh-oleh Khas Penukal Abab Lematang Ilir yang Wajib dibawa Pulang Saat Ini

Oleh-Oleh Khas Penukal Abab Lematang Ilir

Oleh-oleh Khas Penukal Abab Lematang Ilir – Berwisata menjadi kesukaan sebagian orang, bisa jadi salah satunya adalah kamu. Beri kesegaran kembali pikiran yang pengap dan badan yang sudah mulai penat ialah alasan sangat masuk akal dari hal ini. Lalu, bagaimana dengan wisata belanja? Apakah juga menjadi kesenangan kamu?

Dalam Berpiknik kurang afdol kalau tak mencari oleh-oleh khas daerah yang disinggahi. Oleh-oleh yang dibeli rata-rata berbentuk kuliner maupun pernak-pernik. Oleh-oleh tersebut dibeli buat dipakai sendiri, digunakan sendiri, maupun diberikan ke sanak keluarga.

Manjakan Diri dengan Wisata Belanja Oleh-Oleh Khas Penukal Abab Lematang Ilir yang Kekinian

Memanjakan diri dapat dengan bermacam cara, Anda yang ketepatan tengah mendapatkan bonus dari tugas bisa berpiknik sembari belanja. Menghabiskan uang bonus dengan membelanjakannya tentu akan bikin suasana hati kembali riang. Jikalau, tidak mengganggu tabungan dan uang bulanan.

Wisata belanja menjadi salah satu cara buat menyingkirkan kepenatan. Mereka yang suka sekali pada aktifitas ini biasanya ialah para wanita. Meski begitu, kaum pria juga banyak pula yang menggilai kegiatan ini.

Membeli bermacam perlengkapan yang terkadang tidak diperlukan menjadi seni sendiri dalam Bertamasya sembari belanja ini. Tapi, hal ini mungkin hanya terjadi pada mereka yang mempunyai sifat shopacholic. Sementara yang lainnya, barang-barang yang dibeli rata-rata memang punya manfaat tersendiri.

Saat-saat yang paling menyenangkan saat wisata belanja berlangsung ialah saat memilih aneka oleh-oleh atau buah tangan. Menawar dengan harga serendah-rendahnya lalu mendapatkan barang tersebut merupakan sebuah prestasi tersendiri, khususnya untuk kaum perempuan. Mendapatkan barang yang diinginkan dengan harga yang cukup ramah dengan kantong merupakan kepuasan tersendiri.

Memanjakan diri dengan cara yang satu ini memang membutuhkan budget khusus. Tidak boleh dicampur dengan kebutuhan buat sehari-hari. Pastinya, supaya sehabis pulang dari berwisata, Anda tidak kembali stres memikirkan uang yang habis.

Wisata Belanja Oleh-oleh khas Penukal Abab Lematang Ilir yang Wajib dibawa Pulang

Indonesia memiliki banyak sekali tempat rekreasi. Obyek wisata itu pastinya sudah lengkap dengan para pedagang yang menawarkan oleh-oleh atau buah tangan. Salah satu kota tujuan rekreasi yang banyak diminati oleh masyarakat, baik dalam maupun luar negeri adalah Penukal Abab Lematang Ilir.

Di Penukal Abab Lematang Ilir, Anda bisa berwisata belanja sepuasnya. Membeli barang-barang cantik juga unik khas kerajinan tangan warga tentu tak akan Anda lewatkan. Harganya yang murah serta bentuknya yang unik merupakan kekuatan yang dimiliki oleh barang-barang khas Penukal Abab Lematang Ilir.

Berikut Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Penukal Abab Lematang Ilir yang Paling Hits

– Segarurung
Segarurung merupakan makanan khas Talang Ubi yang cukup populer dan banyak dibawa untuk oleh – oleh. Segarurung adalah makanan berbahan dasar ikan yang sangat menggugah selera.

Tahap pertama proses membuat segarurung adalah ikan dikeringkan dengan cara diasapkan menggunakan kayu bakar. Namun, sebelum dikeringkan segarurung terlebih dahulu dilumuri bumbu khas PALI yakni bumbu – bumbu dapur, bawang, cabai dan asam jawa yang semuanya telah dihaluskan.

– Asam Paya
Buah ini banyak tumbuh di pedalaman hutan Penukal Abab Lematang Ilir. Sekilas buah ini nampak seperti buah salak. Namun, buah ini berwarna kuning gading dan memiliki kulit bersisik yang tekturnya keras.

Buah ini memiliiki rasa yang sangat asam dan konon bisa membuat lidah terasa kelu. Di daerah asalnya, buah ini biasa digunakan untuk manisan, campuran sop, dan campuran makanan khas Talang Ubi.

– Pede Patin
Pede yang bisa dibuat dari ikan Patin. Selain itu, pede juga bisa dibuat dari ikan lainnya seperti ikan gabus dan ikan air tawar lainnya.

Namun, apa itu Pede? Pede yaitu ikan yang sudah difermentasikan selama beberapa hari dan kemudian dimasak kering bersama dengan bumbu – bumbu. Serpihan ikan pede yang telah ditumis lebih dominan dnegan rasa asam.

– Dodol Nanas
Dodol nanas saat ini masih dalam proses penetapan sebagai makanan khas Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) dan buah tangan khas daerah tersebut. Oleh sebab itu, para pelaku UKM dan dinas terkait masih berusaha mewujudkan langkah ini.

Meskipun dodol nanas telah sering dijumpai, tentunya dodol nanas dari Penukal Abab Lematang Ilir ini memiliki ciri khas tersendiri.

– Dodol Biji Karet
Makanan khas Talang Ubi ini bernama Dodo Biji Karet. Memang beberapa dari Anda masih asing dan susah membayangkan rasanya.

Tetapi, dijamin makanan ini akan membuat lidah Anda tak berhenti mengecap. Awalnya, biji karet dianggap sebagai limbang yang tidak berguna namun karena kreativitas ibu – ibu di daerah Jerambah Besi kini biji karet memiliki nilai ekonomis yang tinggi.Proses pembuatannya adalah biji karet yang masih mentah diolah pada tahap pertama untuk menghilangkan racun –racun di dalamna. Proses penghilangan racun ini dengan cara direbus dan direndam selama 3 hari.

– Sambal Jok-Jok
Entah kapan asal mulonyo. Tapi yang jelas ini adalah warisan dari nenek moyang nya Komering, walau bukan berupa harta, Tapi warisan be jok jok membangkitkan selera makan.Jok Jok akan tampil kalu ado kawannyon seperti Pindang, Pepes atau ikan Panggang, yang bersinergi dengan Pajak’an atau rebusan sayur.

– Keripik Pare
Keripik pare juga menjadi salah satu kuliner khas Baturaja yang wajib dicicipi. Meski dikenal memiliki rasa yang pahit, nyatanya setelah dibuat menjadi keripik rasa pahit tersebut akan hilang.

Selain rasanya yang lezat, tekstur renyah dari keripik pare tentu mampu menggoyang lidah. Keripik ini juga bisa dikonsumsi menggunakan bumbu balado, tepung beras, atau penyedap lainnya agar kekayaan rasanya bertambah.

– Sambal ranggam

Sambal ranggam yang dikenal pula dengan nama sambal jok-jok ini pada dasarnya merupakan sambal mentah yang terbuat dari terasi dan tomat kecil yang oleh masyarakat setempat dikenal sebagai ranggam. Cita rasanya gurih, pedas, dan segar karena diberi tambahan jeruk nipis dan kemangi.

– Kopi durian
dengan cara memasukkan satu biji buah durian ke dalam secangkir kopi. Jadi, aroma kopi yang harum dapat menetralisir bau durian yang menyengat.Sensasi creamy buah durian yang berpadu dengan rasa manis dan asam dari kopi menjadikan kuliner ini wajib kamu coba.

– Pindang Kuwol
Meski cukup ribet untuk menikmatinya, namun para penggemar pindang kuwol dengan sabar menyedot daging kuwol dari mulut kuwol yang sudah direbus selama beberapa menit agar tidak lengket ditempurungnya.Kuwol yang bisa dikatakan keong versi kecil tersebut namun berwarna hitam biasa hidup di sawah-sawah warga.

– Keripik Pisang
makanan ini cukup renyah khas kota ini memang sangat luar biasa. kerenyahannya membuat orang pasti akan membelinya berkali-kali.

– Pepes Tempoyak
pepes tempoyak menjadi makanan khas Baturaja yang identik menggunakan ikan patin. Sebab, ikan patin berperan sebagai penambah nutrisi untuk tubuh sehingga kesehatan tubuh tetap terjaga.

Kekayaan cita rasa yang diberikan oleh pepes tempoyak khas Baturaja ini tentunya mampu menggugah selera penikmatnya. Hidangan ini sangat cocok disantap ketika keadaan panas sambil ditemani nasi yang hangat.

– Perkedel Bayam
Perkedel bayam kukus menjadi salah satu kuliner khas Baturaja yang populer bahkan di wilayah lainnya di Sumatera Selatan.Hidangan ini berbahan dasar kentang yang dipadukan dengan daun bayam yang dicincang halus sehingga tidak merusak cita rasa perkedel nantinya.Uniknya, makanan tersebut diolah dengan metode dikukus. Namun tetap bisa digoreng kembali jika ingin mendapatkan tekstur yang renyah.

 

Itulah Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Penukal Abab Lematang Ilir yang Wajib dibawa Pulang saat ini.

Alam disekitar Indonesia selalu menjadi daya tarik dan minat semua orang, mulai dari masyarakat lokal atau sekitar Indonesia sampai dengan masyarakat macanegara atau dunia. Keindahan alam yang dimiliki oleh Indonesia begitu indah dan beragam yang memang wajar akan selalu diminati para pelancong. Mulai dari danau, laut, bukit, pegunungan, hutan, dan lain sebagainya terdapat di Indonesia.

Dengan kita berwisata di indonesia dan membeli oleh-oleh dari masyarakat lokal yang ada di daerahnya. Kita turut membantu mengangkat perekonomian dan juga keberlangsungan tempat-tempat wisata indah yang ada di indonesia