20 Oleh-oleh Khas Probolinggo yang Wajib dibawa Pulang Saat Ini

Oleh-Oleh Khas Probolinggo

Oleh-oleh Khas Probolinggo – Berwisata menjadi kesukaan sebagian orang, bisa jadi salah satunya adalah kamu. Beri kesegaran kembali pikiran yang sesak serta badan yang sudah mulai lelah adalah alasan paling logis dari hal ini. Lantas, bagaimana dengan wisata belanja? Apakah juga menjadi kegeraman kamu?

Dalam Bertamasya kurang afdol kalau tak mencari oleh-oleh khas daerah yang didatangi. Oleh-oleh yang dibeli biasanya berbentuk kuliner atau pernak-pernik. Oleh-oleh itu dibeli buat dipakai sendiri, digunakan sendiri, maupun diberikan ke sanak keluarga.

Manjakan Diri dengan Wisata Belanja Oleh-Oleh Khas Probolinggo yang Populer

Memanjakan diri dapat dengan bermacam cara, kamu yang ketepatan tengah memperoleh bonus dari pekerjaan bisa bertamasya sembari belanja. Menghabiskan uang bonus dengan membelanjakannya pasti akan bikin suasana hati kembali riang. Asalkan, tidak mengganggu tabungan dan uang bulanan.

Wisata belanja menjadi salah satu cara untuk menyingkirkan kepenatan. Mereka yang senang sekali terhadap aktifitas ini biasanya yakni para wanita. Meski begitu, kaum lelaki juga banyak pula yang menggilai kegiatan ini.

Membeli beragam perlengkapan yang kadang tidak diperlukan menjadi seni sendiri dalam Berliburan sembari belanja ini. Namun, hal tersebut mungkin hanya terjadi pada mereka yang mempunyai sifat shopacholic. Sementara yang lainnya, barang-barang yang dibeli umumnya memang memiliki kegunaan tersendiri.

Saat-saat yang paling menyenangkan saat wisata belanja berlangsung yakni saat memilih aneka oleh-oleh atau buah tangan. Menawar dengan harga serendah-rendahnya lalu mendapatkan barang tersebut merupakan sebuah prestasi tersendiri, terkhusus untuk kaum wanita. Memperoleh barang yang diinginkan dengan harga yang cukup bersahabat dengan kantong merupakan kepuasan tersendiri.

Memanjakan diri dengan cara yang satu ini memang membutuhkan budget khusus. Jangan dicampur dengan kebutuhan untuk sehari-hari. Pastinya, biar sepulangnya dari berwisata, Anda tidak kembali stres memikirkan uang yang habis.

Wisata Belanja Oleh-oleh khas Probolinggo yang Populer

Indonesia memiliki banyak sekali tempat rekreasi. Tempat wisata itu tentunya sudah lengkap dengan para pedagang yang menjajakan oleh-oleh atau buah tangan. Salah satu kota tujuan rekreasi yang banyak digemari oleh warga, baik dalam maupun luar negeri adalah Probolinggo.

Di Probolinggo, kamu dapat berwisata belanja sepuasnya. Membeli barang-barang cantik juga unik khas kerajinan tangan warga pasti tidak akan kamu lewatkan. Harganya yang murah serta bentuknya yang unik adalah kekuatan yang dimiliki oleh barang-barang khas Probolinggo.

Berikut Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Probolinggo yang Paling Hits

1. Ketan Kratok
Ketan Kratok merupakan jajanan tradisional khas Probolinggo yang wajib dicicipi. Siapa sangka dibalik cita rasanya yang begitu lezat, ternyata kuliner satu ini terbuat dari beras ketan yang ditambahkan dengan parutan daging kelapa saja. Walaupun hanya terbuat dari bahan sederhana, kuliner khas Probolinggo ini siap menggoyang lidah siapapun yang mencicipinya.

2. Kepiting Olok

Buat kamu teman setia Foodnesia yang suka dengan makanan berbau seafood, Kepiting Olok ini merupakan salah satu Makanan Khas Probolinggo yang sangat rekomendasi banget buat kamu coba.

Kenapa? Karena rasa yang ditawarkan oleh Kepiting Olok ini sangat enak, renyah dan tentunya sangat gurih.

Bagaimana cara pembuatan atau pengolahan Kepiting Olok agar bisa dinikmati oleh orang-orang? Menurut resep, makanan ini diolah dengan cara:

Mengukus kepiting terlebih dahulu
Memisahkan daging kepiting
Mengolah daging yang dicampuri oleh udang dan bumbu
Masukan kembali daging yang sudah diolah kedalam cangkang nya

3. Keripik Kentang
Camilan khas warga Bromo ini juga bisa dijadikan sebagai pengganti kerupuk. Ketika pertama kali mencicipinya, kemungkinan Anda menyadari jika keripik ini terbuat dari kentang yang ditambahkan dengan aneka rempah untuk menciptakan kelezatan rasa. Sudah bukan menjadi pemandangan asing ketika melihat wisatawan memborongnya.

4. Sirup Pokak

Sirup pokak ini terbuat dari bahan alami, seperti kayu manis, cengkeh, jahe, jeruk purut, daun pandan hingga daun serai.

5. Keripik Jahe
Keripik jahe menjadi salah satu oleh-oleh khas dari Probolinggo yang wajib Anda beli saat berkunjung atau berwisata di Probolinggo.

Ya, keripik jahe ini terbuat dari jahe yang di iris tipis lalu digoreng hingga mengering.

Keripik jahe ini sangat cocok untuk Anda jadikan oleh-oleh bagi keluarga atau teman sejawat.

6. Mangga Arum Manis
Probolinggo terkenal sebagai kota mangga, karena hampir seluruh hunian memiliki setidaknya satu pohon mangga di pekarangan rumahnya. Mangga khas Probolinggo memiliki ciri khas pada rasa dan bentuknya yang mungil. Jangan tertipu dengan bentuknya yang mungil, sebab satu buah mangga arum manis berhasil membuat siapapun jatuh cinta dibuatnya.

Sesuai pemberian namanya, buah berwarna orange segar ini memiliki cita rasa manis dan lembut di lidah. Tidak hanya orang dewasa, bahkan anak anak sangat menyukai cita rasa yang ditawarkan oleh jenis mangga satu ini. Walaupun tanaman mangga arum manis dapat ditemukan di daerah lainnya, namun tidak ada yang bisa menandingi mangga yang dipetik dari tanah Probolinggo.

7. Soto Kraksaan
Soto Kraksaan adalah Makanan Khas Probolinggo yang mana nama daerah nya adalah Kraksaan.

Apabila dilihat, sekilas soto ini hampir sama dengan soto pada umumnya, namun ada sedikit yang membedakan.

Yaitu beda pada bagian dagingnya, daging yang digunakan untuk Soto Kraksaan ini ialah daging ayam jantan.

8. Abon
Abon merupakan sebuah makanan yang terbuat dari suwiran daging sapi, daging ayam, ataupun daging ikan.

Uniknya, abon ini mampu bertahan lama dalam kemasan, meskipun tidak diberi pengawet buatan.

Hal ini didasari oleh tata cara pembuatan serta bahan baku dalam pembuatan abon.

Dalam proses pembuatan abon ini menggunakan bahan baku daging segar pilihan serta menggunakan 100 persen rempah-rempah alami, seperti daun serai, bawang putih, hingga ketumbar.

Maka tak heran bila abon ini mampu bertahan hingga 1 bulan lamanya dalam kemasan yang ditutup rapat.

9. Anggur Prabu Bestari
Anngur Prabu Bestari yang sejak puluhan tahun lamanya dibudidayakan di salah satu daerah di Probolinggo. Rasanya memang sedikit asam dibandingkan dengan jenis anggur lainnya.

Justru rasa asam berpadu dengan kesegarannya inilah yang menjadi daya tarik utamanya. Ketika musim panen tiba, banyak wisatawan yang memburu anggur khas Probolinggo satu ini untuk dijadikan sebagai buah tangan bagi keluarga yang menunggu di kampung halaman. Tidak heran jika anggur satu ini menjadi kebanggaan masyarakat kota Probolinggo.

10. Nasi Jagung Merpati
Bahan dasar masakan Nasi Jagung Merpati ini menggunakan jagung yang sudah ditumbuk secara halus, kemudian dicampurkan dengan berbagai macam lauk pauknya.

Walaupun makanan ini bisa dibilang sangat tradisional, namun kelezatan dari citra rasa yang dimiliki Nasi Jagung Merpati ini tidak perlu diragukan lagi, nikmat nya tuh kerasa sampai ke ujung lidah.

11. Sego Jagung
Sego jagung merupakan salah satu makanan favorit orang-orang Probolinggo.

Sego jagung ini terbuat dari pipilan jagung yang kemudian dihaluskan hingga menyerupai rabuk.

Sego jagung ini sangat pas untuk dikonsumsi dengan lauk ikan asin.

Kini, sego jagung pun juga dapat dijadikan sebagai oleh-oleh khas dari Kota Probolinggo.

Harga 1 kotak sego jagung ini dibandrol sekitar Rp 10.000 hingga Rp 15.000 saja.

12. Roll Tape Probolinggo
Jangan buang kesempatan emas untuk mencicipi kelezatan Roll Tape Probolinggo ketika berkunjung kesana. Jajanan khas Probolinggo ini terbuat dari singkong, mentega, susu sapi, garam, tepung terigu, gula, dan taburan kismis dan keju sebagai pelengkapnya. Meski terbuat dari bahan sederhana, cita rasa Roll Tape Probolinggo berhasil mencuri perhatian.

Jajanan khas Probolinggo ini bisa menjadi teman terbaik disaat senggang dan berkumpul bersama keluarga. Satu porsinya cukup untuk dikonsumsi beramai ramai, sehingga tidak heran jika banyak wisatawan menjadikannya menjadi oleh-oleh terbaik. Tidak perlu takut isi kantong akan terkuras, sebab satu porsinya dipatok dengan tarif yang bersahabat di kantong.

13. Nasi Campur Nyak Nyong
Nasi Campur Nyak Nyong merupakan kuliner lezat yang sangat digemari oleh masyarakat Probolinggo. Satu porsi Nasi Campur Nyak Nyong berisikan nasi hangat yang dicampur bersama aneka lauk pauk mulai dari serundeng, empal kuah, daging dendeng, dan mie yang kemudian disiramkan dengan santan kental.

14. Tape
Tape merupakan salah satu jenis makanan atau snack yang wajib Anda beli kala berkunjung maupun berwisata di Kota Probolinggo.

Tape ini adalah makanan hasil fermentasi singkong dengan ragi.

Rasa manis dari singkong yang dipadukan dengan rasa asam dari ragi inilah yang menjadikan tape sebagai jajanan favorit.

15. Rengginang Ikan Tenggiri
Kerupuk renggingang ikan tenggiri ini memang hampir sama dengan kerupuk rengginang yang biasa Anda makan.

Hanya saja, bumbu dari kerupuk rengginang tersebut diberi tambahan potongan daging ikan tenggiri.

Sehingga, dari segi rasa tentu saja lebih enak dan gurih.

Harga 1 bungkus rengginang ikan tenggiri ini dibandrol sekitar Rp 25.000 hingga Rp 30.000 saja.

16. Snack Ulat Sutra
Snack ini memang sekilas menyerupai ulat sutra dari segi bentuk.

Sehingga dinamakan snack ulat sutra.

Snack ulat sutra ini terbuat dari campuran tepung ketan, telur, keju, dan rempah-rempah.Snack ini memang sekilas menyerupai ulat sutra dari segi bentuk.

Sehingga dinamakan snack ulat sutra.

Snack ulat sutra ini terbuat dari campuran tepung ketan, telur, keju, dan rempah-rempah.

17. Olahan Manggrove
Selama ini kita lebih mengenal mangrove atau hutan bakau memiliki peran penting untuk ekosistem laut juga alam sekitarnya. Akan tetapi masyarakat Probolinggo mengeluarkan kreativitasnya dan mangrove diolah jadi produk pangan yang berkualitas yang bisa jadi oleh-oleh khas Probolinggo.

Olahan mangrove ini tersedia dalam beragam bentuk, seperti sirup, jenang juga cola yang memiliki rasa yang nikmat. Olahan ini diproduksi oleh para petani mangrove yang berada di Probolinggo.

18. Bawang Merah
Salah satu daerah yang menjadi sentra penghasil bawang merah di pulau Jawa adalah Probolinggo. Daerah ini memiliki area perkebuan bawang merah yang luas. Bawang merah dari Probolinggo dikenal lebih pedas serta lebih mengkilap daripada bawang merah yang berasal dari daerah lain.

19. Manisan
Agar buah-buahan bisa awet dan tahan lama, biasanya diolah menjadi manisan, contohnya buah mangga dari Probolinggo. Daerah ini dikenal sebagai penghasil mangga sehingga saat musim panen tiba, Probolinggo akan dipenuhi buah mangga. Agar masa simpan mangga lama, dibuatlah jadi manisan.

20. Abon ikan

Abon ikan ini cocok bagi yang tidak suka atau tidak bisa makan dengan lauk daging. Biasanya ikan laut yang digunakan sebagai bahan dasar abon adalah ikan tongkol dan tuna. Sedangkan abon kluwih adalah abon yang dibuat dari buah kluwih. Buah kluwih mirip-mirip buah sukun atau nangka. Biasanya daging buahnya digunakan untuk sayur, sama seperti buah nangka muda. Karena berbahan dasar buah, maka abon kluwih sangat cocok bagi vegetarian yang ingin merasakan makan dengan lauk abon

Itulah Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Probolinggo yang Terkenal saat ini.

Alam disekitar Indonesia selalu menjadi daya tarik dan minat semua orang, mulai dari masyarakat lokal atau sekitar Indonesia sampai dengan masyarakat macanegara atau dunia. Keindahan alam yang dimiliki oleh Indonesia begitu indah dan beragam yang memang wajar akan selalu diminati para pelancong. Mulai dari danau, laut, bukit, pegunungan, hutan, dan lain sebagainya terdapat di Indonesia.

Dengan kita berwisata di indonesia dan membeli oleh-oleh dari masyarakat lokal yang ada di daerahnya. Kita turut membantu mengangkat perekonomian dan juga keberlangsungan tempat-tempat wisata indah yang ada di indonesia