8 Oleh-oleh Khas Purbalingga yang Kekinian Saat Ini

Oleh-Oleh Khas Purbalingga

Oleh-oleh Khas Purbalingga – Berliburan menjadi hobi sebagian orang, bisa jadi salah satunya ialah Anda. Memberi kesegaran kembali pikiran yang pengap dan tubuh yang sudah mulai letih yakni alasan sangat logis dari hal ini. Lalu, bagaimana dengan wisata belanja? Apakah juga menjadi kesukaan kamu?

Dalam Berliburan kurang afdol bila tidak mencari oleh-oleh khas daerah yang disinggahi. Oleh-oleh yang dibeli umumnya berupa makanan atau pernak-pernik. Oleh-oleh tersebut dibeli untuk dikonsumsi sendiri, digunakan sendiri, ataupun diberikan ke sanak keluarga.

Manjakan Diri dengan Wisata Belanja Oleh-Oleh Khas Purbalingga yang Paling Hits

Memanjakan diri dapat dengan beragam cara, kamu yang ketepatan sedang mendapat bonus dari pekerjaan bisa bertamasya sambil berbelanja. Menghabiskan uang bonus dengan membelanjakannya pasti akan membuat suasana hati kembali gembira. Asalkan, tidak mengganggu tabungan dan uang bulanan.

Wisata belanja menjadi salah satu cara buat menyingkirkan kepenatan. Mereka yang suka sekali terhadap kegiatan ini biasanya ialah para perempuan. Meskipun demikian, kaum lelaki juga banyak juga yang menyukai aktifitas ini.

Membeli bermacam perlengkapan yang kadang-kadang tidak dibutuhkan menjadi seni sendiri dalam Berliburan sambil belanja ini. Namun, hal ini mungkin hanya terjadi pada mereka yang memiliki sifat shopacholic. Sementara yang lainnya, barang-barang yang dibeli umumnya memang punya manfaat tersendiri.

Saat-saat yang paling membahagiakan saat wisata belanja berlangsung ialah saat memilih aneka oleh-oleh atau buah tangan. Menawar dengan harga serendah-rendahnya lalu mendapatkan barang tersebut merupakan sebuah prestasi tersendiri, terutama buat kaum wanita. Memperoleh barang yang diinginkan dengan harga yang cukup ramah dengan kantong merupakan kepuasan tersendiri.

Memanjakan diri dengan cara yang satu ini memang membutuhkan budget khusus. Jangan dicampur dengan kebutuhan buat sehari-hari. Tentu saja, agar setelah pulang dari berwisata, Anda tidak kembali stres memikirkan uang yang habis.

Wisata Belanja Oleh-oleh khas Purbalingga yang Paling Hits

Indonesia memiliki banyak sekali obyek wisata. Tempat rekreasi itu pastinya sudah lengkap dengan para pedagang yang menjual oleh-oleh atau buah tangan. Salah satu kota tujuan wisata yang banyak digemari oleh warga, baik dalam maupun luar negeri adalah Purbalingga.

Baca Juga:  12 Oleh-oleh Khas Tapanuli Selatan yang Terkenal Saat Ini

Di Purbalingga, Anda dapat berwisata belanja sepuasnya. Membeli barang-barang cantik juga unik khas kerajinan tangan warga tentu tidak akan kamu lewatkan. Harganya yang murah serta bentuknya yang unik adalah kekuatan yang dimiliki oleh barang-barang khas Purbalingga.

Berikut Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Purbalingga yang Wajib dibawa Pulang

1. Makaroni Keju purbalingga
Siapa sangka jika Purbalingga merupakan kota pertama awal mula terciptanya camilan kekinian satu ini. Camilan yang mengadopsi makanan khas dari Italia ini, sangat cocok dinikmati saat sedang jalan jalan menyusuri kota Purbalingga. Makaroni dengan rasa keju ini merupakan camilan favorit para wisatawan sehingga sangat laris dijual di pasaran.

Camilan kekinian ini terbuat dari campuran tepung tapioka, keju, garam, dan juga telur. Beragam adonan tersebut diolah sedemikian rupa sehingga menjadi makanan ringan yang enak, renyah serta rasa kejunya yang lumer di mulut. Apalagi makaroni keju juga awet dan tahan lama, sehingga sangat cocok dijadikan sebagai oleh oleh untuk keluarga.

2. Kue Manco Wijen purbalingga
Kue Manco Wijen Kue satu ini biasanya hanya bisa untuk Anda jumpai di Purbalingga. Untuk itu, tak ada salahnya membawa makanan ringan satu ini sebagai oleh-oleh untuk keluarga yang ada di rumah. Jajanan satu ini terbuat dari bahan yakni berupa tepung beras ketan.

Sedangkan untuk bagian dalam kue adalah kempong atau kosong tidak ada isinya. Namun, rasa manis tentunya akan Anda dapatkan karena bagian luar dari kue ini telah dilapisi gula merah cair dan juga ditaburi biji wijen. Sehingga, diberikan nama yakni Kue Manco Wijen.

3. Buntil purbalingga
Salah satu makanan khas yang sering diburu makanan ini terbuat dari kukusan daun pepaya dan daun singkong diberi isian parutan kelapa, ikan teri, diluburi bumbu bawang, cabai, lengkuas, asam, garam, dll. Penyajiannya disiram kuah pedas berbahan santan, cabai merah, cabai rawit yang tidak dipotong.

Baca Juga:  7 Oleh-oleh Khas Wonosobo yang Wajib dibawa Pulang Saat Ini

4. Kacang Umpet purbalingga
Sesuai dengan namanya, kacang yang terdapat dalam camilan ini tersembunyi di dalam kulitnya yang memiliki tekstur renyah. Camilan satu ini banyak dicari oleh para wisatawan ketika sedang berkunjung ke Purbalingga. Cara pembuatan dari kacang umpet sendiri terbilang sederhana, yaitu adonan kulitnya yang berasal dari tepung terigu, margarin, dan air.
Anda tak perlu khawatir untuk menjumpai camilan satu ini, karena kacang umpet bisa ditemukan di berbagai toko oleh oleh yang tersebar di sepanjang jalan Purbalingga. Harganya yang sangat terjangkau tersebut, membuat banyak wisatawan yang memborong dalam jumlah banyak sekaligus.

5. Nopia dan Mino purbalingga
nopi Cemilan satu ini biasanya akan dibuat dengan menggunakan dua ukuran, yakni besar dan juga kecil. Dan pada ukuran yang kecil seringkali disebut dengan Mino. Makanan ini sendiri memiliki bentuk yang bulat dan dibagi menjadi dua bagian.

Untuk bagian pertama pada kulit, sedangkan untuk bagian yang kedua adalah isi. Uniknya lagi, oleh-oleh ini masih menggunakan cara tradisional untuk membuatnya yakni dengan menggunakan tungku tanah liat dalam proses pembakarannya. Namun, meskipun masih memakai cara yang konvensional, Anda tetap bisa memilih beragam varian rasa, mulai dari nanas hingga durian.

6. Kripik Tempe Niti purbalingga
Kripik Tempe Niti salah satu Oleh Oleh Khas Purwokerto yang diminati. Awal mulanya didirikan oleh mbah Niti yang pernah bekerja di Keraton sejak tahun 1967. Kripik Tempe Niti dibuat dari tempe yang segar dan berkualitas serta kerenyahannya kemudian diiris tipis lalu berikan tepung lalu lumuri bumbu khusus.

7. Kacang Mirasa purbalingga
Oleh-oleh lain yang bisa Anda bawa pulang adalah kacang mirasa. Kacang ini cukup terkenal di Purbalingga dan kerap kali dibawa pulang oleh wisatawan yang sedang berlibur kesini. Telah diproduksi sejak tahun 1958, menjadikan cemilan satu ini cukup melegenda. Anda bisa memilih dua rasa yang tersedia yakni mulai dari kacang asin hingga kacang bawang.

Baca Juga:  15 Oleh-oleh Khas Seram Bagian Timur yang Melegenda Saat Ini

8. Abon Sapi Koki purbalingga
abon sapi koki. Makanan khas ini telah dirintis mulai tahun 1940 dan diproduksi oleh Perusahaan Abon Cap Koki Purbalingga sejak tahun 1968. Menariknya, abon sapi dari Purbalingga ini memiliki cita rasa yang khas dan unik dibandingkan dengan abon sapi pada umumnya.

Kini Perusahaan Abon Cap Koki ini telah menyediakan beragam produk lainnya seperti kering kentang, serundeng kacang, bumbu pecel, dan masih banyak lainnya yang bisa Anda temui ketika berkunjung ke Purbalingga. Dengan daya tahannya yang cukup lama tersebutlah, membuat abon sapi koki ini menjadi sangat cocok dijadikan buah tangan.

Itulah Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Purbalingga yang Populer saat ini.

Alam disekitar Indonesia selalu menjadi daya tarik dan minat semua orang, mulai dari masyarakat lokal atau sekitar Indonesia sampai dengan masyarakat macanegara atau dunia. Keindahan alam yang dimiliki oleh Indonesia begitu indah dan beragam yang memang wajar akan selalu diminati para pelancong. Mulai dari danau, laut, bukit, pegunungan, hutan, dan lain sebagainya terdapat di Indonesia.

Dengan kita berwisata di indonesia dan membeli oleh-oleh dari masyarakat lokal yang ada di daerahnya. Kita turut membantu mengangkat perekonomian dan juga keberlangsungan tempat-tempat wisata indah yang ada di indonesia