10 Oleh-oleh Khas Purwakarta yang Populer Saat Ini

Oleh-Oleh Khas Purwakarta

Oleh-oleh Khas Purwakarta – Berpiknik menjadi hobi sebagian orang, bisa jadi salah satunya adalah kamu. Berikan kesegaran kembali pikiran yang pengap dan badan yang sudah mulai letih adalah alasan paling masuk akal dari hal ini. Lalu, bagaimana dengan wisata belanja? Apakah juga menjadi kegeraman kamu?

Dalam Bertamasya kurang afdol apabila tidak mencari oleh-oleh khas daerah yang disinggahi. Oleh-oleh yang dibeli umumnya berbentuk makanan maupun pernak-pernik. Oleh-oleh tersebut dibeli untuk disantap sendiri, digunakan sendiri, ataupun dibagikan ke sanak keluarga.

Manjakan Diri dengan Wisata Belanja Oleh-Oleh Khas Purwakarta yang Populer

Memanjakan diri dapat dengan bermacam cara, Anda yang ketepatan tengah mendapat bonus dari pekerjaan bisa berekreasi sambil berbelanja. Menghabiskan uang bonus dengan membelanjakannya tentu akan membikin suasana hati kembali gembira. Jikalau, tidak mengganggu tabungan dan uang bulanan.

Wisata belanja menjadi salah satu cara untuk menyingkirkan kepenatan. Mereka yang senang sekali pada aktifitas ini biasanya adalah para perempuan. Walau begitu, kaum pria juga banyak juga yang menggilai aktifitas ini.

Membeli berbagai perlengkapan yang terkadang tidak diperlukan menjadi seni sendiri dalam Berwisata sembari belanja ini. Namun, hal tersebut mungkin hanya terjadi pada mereka yang mempunyai sifat shopacholic. Sementara yang lainnya, barang-barang yang dibeli biasanya memang memiliki manfaat tersendiri.

Saat-saat yang paling menyenangkan saat wisata belanja berlangsung adalah saat memilih aneka oleh-oleh atau buah tangan. Menawar dengan harga serendah-rendahnya lalu mendapatkan barang tersebut merupakan sebuah prestasi tersendiri, khususnya untuk kaum wanita. Mendapatkan barang yang diinginkan dengan harga yang cukup bersahabat dengan kantong merupakan kepuasan tersendiri.

Memanjakan diri dengan cara yang satu ini memang memerlukan budget khusus. Jangan dicampur dengan kebutuhan untuk sehari-hari. Sudah pasti, agar sehabis pulang dari berwisata, Anda tidak kembali stres memikirkan uang yang habis.

Wisata Belanja Oleh-oleh khas Purwakarta yang Favorit

Indonesia mempunyai banyak sekali obyek wisata. Tempat rekreasi itu tentunya sudah lengkap dengan para pedagang yang menjajakan oleh-oleh atau buah tangan. Salah satu kota tujuan liburan yang banyak disukai oleh orang-orang, baik dalam maupun luar negeri adalah Purwakarta.

Di Purwakarta, Anda dapat berwisata belanja sepuasnya. Membeli barang-barang cantik juga unik khas kerajinan tangan warga pasti tak akan Anda lewatkan. Harganya yang murah serta bentuknya yang unik adalah kekuatan yang dimiliki oleh barang-barang khas Purwakarta.

Berikut Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Purwakarta yang Terkenal

1. Kerupuk Miskin
kerupuk miskin atau Ro ini disebut demikian karena penggorengannya yang sangat sederhana. Semua proses tidak menggunakan minyak sama sekali, melainkan disangrai di pasir panas. Bahannya sendiri adalah aci Singkong, sehingga rasanya cenderung gurih dan sedikit manis. Jika tertarik, Anda bisa beli di Plered Purwakarta dengan harga yang sangat terjangkau.

2. Semprong
Semprong termasuk salah satu kudapan manis dan renyah khas Purwakarta yang sayang dilewatkan. Pemberian namanya yang unik, didapatkan dari bentuknya yang menyerupai semprong. Bukan hanya bentuknya saja yang unik, sebab proses pembuatannya sendiri tidak kalah menarik. Dimana adonan tepung beras nantinya akan dicetak dan dijepit untuk mendapatkan bentuk pipih.

3. Gula Cikeris
Gula Cikeris merupakan salah satu oleh-oleh khas Purwakarta yang banyak dicari. Alasannya karena mempunyai beragam manfaat terutama untuk masalah kesehatan. Bermacam-macam penyakit seperti pencernaan dan urat bisa disembuhkan dengan jalan mengkonsumsinya.

Selain itu, hal menarik dari Gula Cikeris sendiri terletak pada bentuknya. Alasannya karena memang memiliki tampilan luar mirip lontong namun sedikit lebih besar. Kemudian, setelah dibuka bagian dalamnya terbagi menjadi beberapa bagian kecil-kecil, setiap potong menyerupai tabung pendek.

4. Opak Gurih Gurih
Secara sekilas, opak gurih gurih memiliki bentuk yang sama dengan Simping. Dimana, memiliki penampakan pipih, tipis, dan bundar namun dengan warna yang lebih mengkilap layaknya kerupuk mentah. Hal ini tentunya karena bahan pembuatannya berasal dari tepung beras dengan tambahan bumbu dan rempah. Rasanya jelas sekali lebih gurih karena bumbu yang digunakan.

5. Sate Maranggi
Sate Maranggi dibuat dengan cara merendam daging terlebih dahulu pada air yang sudah ditambahkan dengan aneka rempah rempah pilihan. Campuran berbagai rempah inilah yang membuat sate terasa lebih lezat dan nikmat. Wajar saja jika para pelancong tertarik mencobanya selagi menapakkan kaki di kota Purwakarta.

6. Salak Pusaka Mulya
Salak merupakan salah satu buah yang unik dan biasa ditemui di berbagai daerah di Indonesia. Buah ini mempunyai banyak ragam dan varietas di berbagai tempat. Seperti halnya di Purwakarta sendiri, terdapat jenis lokal yang mempunyai nama Pusaka Mulya.

Salak Pusaka Mulya merupakan salah satu varietas lokal yang biasa dijual langsung dari petani setempat. Hal tersebut bisa menjadikannya sebagai oleh-oleh yang pas untuk dibawa pulang ke daerah masing-masing. Memang secara bentuk dan ciri hampir sama dengan jenis salak pada umumnya.

7. Rengginang Ketan Hitam
Purwakarta juga punya varian rengginang berwarna hitam. Warna ini asli karena terbuat dari ketan hitam yang diolah dengan bumbu dan rempah. Setelah olahan selesai, ketan ini akan dijemur hingga benar benar kering sebelum digoreng di minyak panas. Rasa gurih, asin, dan manisnya bisa Anda coba dengan membeli di toko camilan seharga 20 – 30 ribuan per bungkus.

8. Manisan Pala
Manisan Pala Sesuai dengan pemberian namanya, dimana kudapan ini memiliki cita rasa manis dan lezat untuk disantap kapanpun diinginkan. Bukan hanya lezat, ternyata makanan khas ini juga membawa berbagai manfaat baik bagi kesehatan tubuh.

Beberapa manfaat yang bisa didapatkan ketika mengkonsumsinya yaitu menstabilkan tekanan darah, menjaga kesehatan kulit dan mulut, dan masih banyak lagi manfaat lainnya. Manisan lezat ini dihadirkan dengan dua varian jenis yaitu basah dan kering. Kedua varian jenisnya terasa lezat, terutama kandungan air pada Manisan Pala basah yang menggugah selera.

9. Mie Tiga Warna
tiga warna cantik hijau, pink, dan kuning yang membuat warga tertarik mencoba. Mie pelangi ini juga dikenal karena rasanya yang sedap dan juga menyehatkan. Pasalnya, pewarna yang digunakan 100% alami, yakni menggunakan buah naga, sawi, sosin, dan wortel. Yang pasti, mie ini bisa menjadi santapan saat berkunjung ke Purwakarta atau membelinya untuk disantap bareng keluarga di rumah.

10. Boneka Menong
Boneka Menong termasuk salah satu kerajinan tangan khas Purwakarta yang sayang jika tidak dibeli. Pemberian namanya sendiri diambil dari akronim kata “me” yang bermakna manusia, sedangkan kata “nong” memiliki makna sebagai cantik. Dengan kata lain, kerajinan ini menggambarkan betapa cantiknya perempuan Indonesia.

Itulah Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Purwakarta yang Wajib dibawa Pulang saat ini.

Alam disekitar Indonesia selalu menjadi daya tarik dan minat semua orang, mulai dari masyarakat lokal atau sekitar Indonesia sampai dengan masyarakat macanegara atau dunia. Keindahan alam yang dimiliki oleh Indonesia begitu indah dan beragam yang memang wajar akan selalu diminati para pelancong. Mulai dari danau, laut, bukit, pegunungan, hutan, dan lain sebagainya terdapat di Indonesia.

Dengan kita berwisata di indonesia dan membeli oleh-oleh dari masyarakat lokal yang ada di daerahnya. Kita turut membantu mengangkat perekonomian dan juga keberlangsungan tempat-tempat wisata indah yang ada di indonesia