7 Oleh-oleh Khas Sragen yang Favorit Saat Ini

Oleh-Oleh Khas Sragen

Oleh-oleh Khas Sragen – Berliburan menjadi kesenangan sebagian orang, bisa jadi salah satunya adalah kamu. Beri kesegaran kembali pikiran yang pengap serta tubuh yang sudah mulai lelah yakni alasan paling logis dari hal ini. Lantas, bagaimana dengan wisata belanja? Apakah juga menjadi hobi Anda?

Dalam Berwisata kurang afdol jika tak mencari oleh-oleh khas daerah yang didatangi. Oleh-oleh yang dibeli kebanyakan berbentuk makanan ataupun pernak-pernik. Oleh-oleh itu dibeli buat dipakai sendiri, digunakan sendiri, atau dibagikan ke sanak keluarga.

Manjakan Diri dengan Wisata Belanja Oleh-Oleh Khas Sragen yang Populer

Memanjakan diri dapat dengan beragam cara, Anda yang ketepatan lagi mendapat bonus dari tugas bisa bertamasya sambil belanja. Menghabiskan uang bonus dengan membelanjakannya pasti akan bikin suasana hati kembali riang. Apabila, tidak mengganggu tabungan dan uang bulanan.

Wisata belanja menjadi salah satu cara untuk menyingkirkan kepenatan. Mereka yang suka sekali terhadap aktifitas ini biasanya adalah para wanita. Meski begitu, para lelaki juga banyak yang menggilai aktifitas ini.

Membeli bermacam perlengkapan yang kadang-kadang tidak dibutuhkan menjadi seni sendiri dalam Bertamasya sambil belanja ini. Tapi, hal tersebut mungkin hanya terjadi pada mereka yang punya sifat shopacholic. Sementara yang lainnya, barang-barang yang dibeli umumnya memang mempunyai manfaat tersendiri.

Saat-saat yang sangat menyenangkan saat wisata belanja berlangsung adalah saat memilih aneka oleh-oleh atau buah tangan. Menawar dengan harga serendah-rendahnya lalu memperoleh barang tersebut merupakan sebuah prestasi tersendiri, khususnya buat kaum perempuan. Mendapatkan barang yang diinginkan dengan harga yang cukup ramah dengan kantong merupakan kepuasan tersendiri.

Memanjakan diri dengan cara yang satu ini memang membutuhkan budget khusus. Tidak boleh dicampur dengan kebutuhan untuk sehari-hari. Tentu saja, biar setelah pulang dari berwisata, Anda tidak kembali stres memikirkan uang yang habis.

Baca Juga:  7 Oleh-oleh Khas Bulungan yang Melegenda Saat Ini

Wisata Belanja Oleh-oleh khas Sragen yang Wajib dibawa Pulang

Indonesia mempunyai banyak sekali tempat rekreasi. Obyek wisata tersebut pastinya sudah lengkap dengan para pedagang yang menjual oleh-oleh atau buah tangan. Salah satu kota tujuan liburan yang banyak diminati oleh masyarakat, baik dalam maupun luar negeri ialah Sragen.

Di Sragen, Anda bisa berwisata belanja sepuasnya. Membeli barang-barang cantik juga unik khas kerajinan tangan warga tentu tidak akan kamu lewatkan. Harganya yang murah serta bentuknya yang unik merupakan kekuatan yang dimiliki oleh barang-barang khas Sragen.

Berikut Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Sragen yang Kekinian

1. Emping Garut sragen
Dari namanya memang menjadi keraguan jika jajanan ini berasal dari Sragen, namun kenyataannya emping ini berasal dari Sragen dan buka Garut. Menurut masyarakat Sragen, garut merupakan sejenis umbi-umbian khas yang hanya dapat ditemukan di daerah asalnya. Sementara umbi itu diolah menjadi Emping Garut yang mana memakai umbi kualitas premium.

2. Walangan sragen
walangan merupakan camilan khas Sragen yang berbahan dasar dari singkong. Cita rasa manis dan gurih dari kudapan ini diperoleh dari proses memasak yang sangat lama bahkan bisa sampai satu hari penuh. Camilan khas satu ini merupakan olahan singkong dan gula merah yang digoreng menggunakan minyak kelapa dan didiamkan sekitar satu hari.

3. Saci sragen
Sragen Munchies atau disingkat Saci yakni jajanan khas Sragen yang hingga sekarang menjadi favorit wisatawan. Berbentuk kecil panjang dengan tekstur mirip dodol. Jika tidak terlalu suka kudapan terlalu manis, maka kamu bisa mencoba Saci yang legit manisnya pas di lidah setiap orang. Saci terbuat dari tepung garut, gula merah, santan dan masih banyak lagi.

Baca Juga:  7 Oleh-oleh Khas Karangasem yang Wajib dibawa Pulang Saat Ini

4. Balung Kethek sragen
Balung kethek atau tulang kera merupakan salah satu cemilan khas Sragen. Cemilan ini banyak dibudidayakan di Kalijambe, Plupuh, Tanon dan lain-lain. Balung kethek terbuat dari singkong yang yang dipotong tidak beraturan. Balung kethek bercita rasa gurih, manis dan pedas. Jenis camilan ini juga banyak ditemukan di sejumlah toko oleh-oleh yang tersebar di Kabupaten Sragen.

5. Intip Mini Sragen
intip identik dengan olahan kerak nasi berukuran sebesar kukusan nasi. Namun, berbeda dengan intip khas Sragen yang bentuknya mini juga cita rasanya lebih gurih asin. Buah tangan ini merupakan cemilan terbuat dari kerak nasi yang digoreng dan disiram gula merah cair sebagai topping.

Dalam cara membuatnya, Intip Mini hanya dibumbui sejumput garam dan bawang putih. Meski bumbunya tak sebanyak intip biasa, namun soal rasa hidangan ini mampu menjamin kelezatannya

6. Keripik Tempe Benguk sragen
Salah satu sentra industri cemilan tempe benguk ini berada di Dusun Mloko, Jenar Sragen. Permukiman ini terletak di ujung timur bagian utara Kabupaten Sragen yang berbatasan dengan wilayah Kabupaten Grobogan dan Kabupaten Ngawi.

Dalam satu bungkus daun jati terdapat delapan lapis keripik tempe benguk yang dipisahkan lembaran daun pisang. Selain dipasarkan sendiri ke warung-warung makan, keripik tempe benguk bikinan warga Mloko itu diambil oleh pengepul. Oleh pengepul, keripik tempe itu dijual ke sejumlah warung makan di Sragen dan dikirim ke luar kota seperti Banyuwangi, Malang dan Jogja.

7. Gathot Sragen
Gathot Sragen merupakan makanan asli dari tanah Jawa yang terbuat dari olahan singkong. Perlu Anda ketahui bahwa cara pembuatan gathot dengan cita rasanya yang manis dan legit, dibutuhkan proses yang begitu lama. Pertama tama gaplek atau singkong harus disimpan dalam kurun waktu cukup lama hingga berhari hari. Jika sudah melalui proses penyimpanan, gaplek direndam dengan air.Setelah bersih dicuci, gaplek dipotong potong sesuai selera kemudian dikukus. Camilan khas Sragen ini memiliki rasa yang sangat gurih dan lezat. Biasanya makanan ini lebih nikmat jika disantap dengan parutan kelapa. Bahkan kini banyak pembuat gathot uang mulai berinovasi dengan memberikan penambahan rasa pada setiap produknya seperti nangka, pisang, dan lain lain.

Baca Juga:  7 Oleh-oleh Khas Grobogan yang Paling Hits Saat Ini

Itulah Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Sragen yang Paling Hits saat ini.

Alam disekitar Indonesia selalu menjadi daya tarik dan minat semua orang, mulai dari masyarakat lokal atau sekitar Indonesia sampai dengan masyarakat macanegara atau dunia. Keindahan alam yang dimiliki oleh Indonesia begitu indah dan beragam yang memang wajar akan selalu diminati para pelancong. Mulai dari danau, laut, bukit, pegunungan, hutan, dan lain sebagainya terdapat di Indonesia.

Dengan kita berwisata di indonesia dan membeli oleh-oleh dari masyarakat lokal yang ada di daerahnya. Kita turut membantu mengangkat perekonomian dan juga keberlangsungan tempat-tempat wisata indah yang ada di indonesia