7 Oleh-oleh Khas Sumedang yang Terkenal Saat Ini

Oleh-Oleh Khas Sumedang

Oleh-oleh Khas Sumedang – Bertamasya menjadi kesenangan sebagian orang, bisa jadi salah satunya ialah Anda. Beri kesegaran kembali pikiran yang sesak dan tubuh yang sudah mulai lelah yakni alasan sangat masuk akal dari hal ini. Lalu, bagaimana dengan wisata belanja? Apakah juga menjadi kesukaan Anda?

Dalam Berwisata kurang afdol jika tak mencari oleh-oleh khas daerah yang dikunjungi. Oleh-oleh yang dibeli umumnya berbentuk kuliner maupun pernak-pernik. Oleh-oleh tersebut dibeli untuk dimakan sendiri, digunakan sendiri, maupun dikasihkan ke sanak keluarga.

Manjakan Diri dengan Wisata Belanja Oleh-Oleh Khas Sumedang yang Wajib dibawa Pulang

Memanjakan diri bisa dengan berbagai cara, Anda yang ketepatan tengah mendapatkan bonus dari tugas bisa bertamasya sembari berbelanja. Menghabiskan uang bonus dengan membelanjakannya tentu akan membuat suasana hati kembali riang. Asalkan, tidak mengganggu tabungan dan uang bulanan.

Wisata belanja menjadi salah satu cara untuk menyingkirkan kepenatan. Mereka yang gemar sekali pada aktifitas ini biasanya adalah para wanita. Walau begitu, kaum lelaki juga banyak yang menggilai kegiatan ini.

Membeli berbagai perlengkapan yang kadang-kadang tak diperlukan menjadi seni sendiri dalam Bertamasya sambil belanja ini. Tapi, hal ini mungkin hanya terjadi pada mereka yang memiliki sifat shopacholic. Sementara yang lainnya, barang-barang yang dibeli kebanyakan memang mempunyai kegunaan tersendiri.

Saat-saat yang paling mengasyikkan saat wisata belanja berlangsung ialah saat memilih aneka oleh-oleh atau buah tangan. Menawar dengan harga serendah-rendahnya lalu mendapatkan barang tersebut merupakan sebuah prestasi tersendiri, khususnya bagi kaum perempuan. Memperoleh barang yang diinginkan dengan harga yang cukup bersahabat dengan kantong merupakan kepuasan tersendiri.

Memanjakan diri dengan cara yang satu ini memang memerlukan budget khusus. Jangan dicampur dengan kebutuhan untuk sehari-hari. Sudah pasti, agar sehabis pulang dari berwisata, Anda tidak kembali stres memikirkan uang yang habis.

Wisata Belanja Oleh-oleh khas Sumedang yang Populer

Indonesia punya banyak sekali obyek wisata. Tempat rekreasi itu pastinya sudah lengkap dengan para pedagang yang menawarkan oleh-oleh atau buah tangan. Salah satu kota tujuan wisata yang banyak disukai oleh warga, baik dalam maupun luar negeri yakni Sumedang.

Di Sumedang, Anda bisa berwisata belanja sepuasnya. Membeli barang-barang cantik juga unik khas kerajinan tangan warga pasti tidak akan kamu lewatkan. Harganya yang murah serta bentuknya yang unik merupakan kekuatan yang dimiliki oleh barang-barang khas Sumedang.

Berikut Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Sumedang yang Populer

1. Ubi Cilembu
Ubi Cilembu berbeda dengan jenis ubi pada umumnya karena ubi Cilembu lebih mirip dengan ubi madu. Ubi Cilembu merupakan makanan khas Sumedang yang berasal dari Kecamatan Pamulihan, Tanjungsari. Produk unggulan Pemerintah Kabupaten Sumedang ini memiliki satu keunikan berupa hasil getah yang meleleh dan mempunyai rasa manis nan lengket seperti madu ketika dipanggang di dalam oven. Ketika digigit pun rasanya sangat manis serta teksturnya pulen dan lembut.

2. Sale Pisang Manis
Sale pisang dari Sumedang tersebut sudah diolah dengan cita rasa kekinian jadi pas dan cocok dengan lidah anak muda milenial.Berbagai pilihan rasa sale pisang bisa Kamu dapatkan di Sumedang. Rasa kriuk renyah akan menari-nari di lidah saat pertama kali dimasukkan ke dalam mulut.Kamu bisa membeli cemilan dari buah pisang tersebut dalam berbagai pilihan ukuran dan kemasan.

3. Sawo Citali
Sawo Citali Sumedang juga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh saat berwisata di kota Sumedang. Hanya dilihat sekilas, mungkin Anda sudah menyadari bahwa buah ini memiliki bentuk yang sedikit berbeda dengan buah sawo pada umumnya. Tetapi bukan hanya bentuknya saja, tetapi rasanya yang begitu manis menjadikannya sebagai buah istimewa.

4. Tape Singkong
Tape singkong dikenal dengan nama peyeum sampeu merupakan makanan asli Sumedang yang terbuat dari ketela pohon atau singkong pilihan. Makanan ini populer di tanah Priangan, namun banyak dihasilkan oleh para pengusaha yang berada di daerah Cigandel. Singkong yang dijadikan bahan dasar membuat tape singkong biasanya adalah jenis singkong mangu atau singkong mentega sehingga cita rasanya menjadi khas tidak tertandingi lagi.

5. Bugen Pizza
Kuliner Bugen pizza ini memiliki ciri khas tersendiri pada adonan rotinya, yaitu memiliki aroma yang lebih wangi dibandingkan dengan pizza pada umumnya.Kemudian banyak varian topping serta lumuran keju mozarella yang melimpah membuat kamu ketagihan ketika mencobanya.

6. Oncom
Jika biasanya yang Anda ketahui bahwa oncom dibuat dari ampas tahu, namun oncom Sumedang justru dibuat dari campuran ampas ketela dan juga tambahan kacang tanah untuk menjadikannya semakin sedap. Dengan bahan pembuatan yang berbeda itulah, berhasil melahirkan cita rasa unik nan gurih ketimbang oncom yang lainnya.

7. Asinan Sukasari
Asinan Sukasari terbagi menjadi 2 jenis sajian khas, yaitu asinan sayur dan asinan buah. Asinan buah terdiri dari potongan berbagai macam buah buahan yang direndam dalam air gula selama beberapa jam. Buah yang dipakai untuk diolah menjadi asinan ini biasanya buah kedondong, pepaya, jambu, bengkoang, salak, dan beberapa jenis buah lainnya. Sementara, untuk asinan sayur memakai sayur berupa timun, kol, wortel ataupun tauge yang dicuci bersih kemudian disajikan bersama dengan kuah asinan. Asinan sayur ini lebih terasa segar jika dibandingkan dengan asinan buah. Kedua jenis asinan tersebut lebih dikenal dengan sebutan asinan Sukasari. Belum diketahui mengapa asinan tersebut dikenal sebagai asinan Sukasari

Itulah Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Sumedang yang Wajib dibawa Pulang saat ini.

Alam disekitar Indonesia selalu menjadi daya tarik dan minat semua orang, mulai dari masyarakat lokal atau sekitar Indonesia sampai dengan masyarakat macanegara atau dunia. Keindahan alam yang dimiliki oleh Indonesia begitu indah dan beragam yang memang wajar akan selalu diminati para pelancong. Mulai dari danau, laut, bukit, pegunungan, hutan, dan lain sebagainya terdapat di Indonesia.

Dengan kita berwisata di indonesia dan membeli oleh-oleh dari masyarakat lokal yang ada di daerahnya. Kita turut membantu mengangkat perekonomian dan juga keberlangsungan tempat-tempat wisata indah yang ada di indonesia