15 Oleh-oleh Khas Tabalong yang Wajib dibawa Pulang Saat Ini

Oleh-Oleh Khas Tabalong

Oleh-oleh Khas Tabalong – Berwisata menjadi hobi sebagian orang, bisa jadi salah satunya adalah Anda. Berikan kesegaran kembali pikiran yang pengap dan badan yang sudah mulai letih adalah alasan sangat logis dari hal ini. Lalu, bagaimana dengan wisata belanja? Apakah juga menjadi hobi Anda?

Dalam Berpiknik kurang afdol bila tak mencari oleh-oleh khas daerah yang didatangi. Oleh-oleh yang dibeli umumnya berbentuk makanan atau pernak-pernik. Oleh-oleh itu dibeli untuk dikonsumsi sendiri, digunakan sendiri, ataupun dibagikan ke sanak keluarga.

Manjakan Diri dengan Wisata Belanja Oleh-Oleh Khas Tabalong yang Melegenda

Memanjakan diri bisa dengan berbagai cara, Anda yang ketepatan sedang mendapat bonus dari tugas bisa berpiknik sembari berbelanja. Menghabiskan uang bonus dengan membelanjakannya tentu akan membuat suasana hati kembali riang. Jikalau, tidak mengganggu tabungan dan uang bulanan.

Wisata belanja menjadi salah satu cara buat mengusir kepenatan. Mereka yang gemar sekali pada kegiatan ini biasanya yakni para wanita. Meskipun demikian, kaum pria juga banyak pula yang menyukai aktifitas ini.

Membeli beragam perlengkapan yang kadang-kadang tidak diperlukan menjadi seni sendiri dalam Berwisata sambil belanja ini. Namun, hal ini mungkin hanya terjadi pada mereka yang punya sifat shopacholic. Sementara yang lainnya, barang-barang yang dibeli umumnya memang mempunyai kegunaan tersendiri.

Saat-saat yang paling menyenangkan saat wisata belanja berlangsung ialah saat memilih aneka oleh-oleh atau buah tangan. Menawar dengan harga serendah-rendahnya lalu memperoleh barang tersebut merupakan sebuah prestasi tersendiri, terutama bagi kaum perempuan. Mendapatkan barang yang diinginkan dengan harga yang cukup ramah dengan kantong merupakan kepuasan tersendiri.

Memanjakan diri dengan cara yang satu ini memang memerlukan budget khusus. Tidak boleh dicampur dengan kebutuhan buat sehari-hari. Sudah pasti, biar sepulangnya dari berwisata, kamu tidak kembali stres memikirkan uang yang habis.

Wisata Belanja Oleh-oleh khas Tabalong yang Wajib dibawa Pulang

Indonesia mempunyai banyak sekali tempat rekreasi. Tempat wisata itu tentunya sudah lengkap dengan para pedagang yang menjajakan oleh-oleh atau buah tangan. Salah satu kota tujuan rekreasi yang banyak digemari oleh warga, baik dalam maupun luar negeri yakni Tabalong.

Di Tabalong, kamu dapat berwisata belanja sepuasnya. Membeli barang-barang cantik juga unik khas kerajinan tangan warga pasti tak akan kamu lewatkan. Harganya yang murah serta bentuknya yang unik merupakan kekuatan yang dimiliki oleh barang-barang khas Tabalong.

Berikut Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Tabalong yang Wajib dibawa Pulang

– Bingka kacung
bingka kacung merupakan salah satu kue khas Tabalong yang bahan dasarnya berasal dari kentang. Penamaan bingka kacung sendiri didasarkan pada nama pembuatnya, yaitu pak Kacung.

Bingka kacung memiliki bentuk segi enam yang menyerupai kelopak bunga dengan warna kecokelatan. Dibuat dengan cara dipanggang, rupanya bingka kacung hanya tersedia saat bulan Ramadan tiba. Kalau pun dijual pada hari-hari biasa, jumlahnya sedikit sekali.

– Sayur parung
Sayur parung merupakan hidangan yang bahan dasarnya berasal dari cempedak. Mula-mula cempedak harus dipanggang terlebih dahulu. Lalu dipotong kecil-kecil kemudian dimasukkan ke dalam santan yang sebelumnya sudah dicampur dengan air, bawang merah, garam, dan terasi. Setelah itu masak hingga matang.

– Amparan tatak
Amparan tatak terbagi menjadi dua bagian, yaitu bagian atas berwarna putih dengan tekstur lembut yang terbuat dari santan dan bagian bawah yang teksturnya lebih keras terbuat dari tepung beras, gula, dan pisang.

Biasanya masyarakat Tabalong menyajikan amparan tatak saat acara menyambut tamu atau sebagai camilan untuk berbuka puasa.

– Gangan paliat
Untuk membuat gangan paliat bahan utama yang bisa kamu gunakan meliputi ikan gabus, ikan tauman, atau udang. Pilihlah sesuai selera. Sedangkan bumbu-bumbunya terdiri dari santan, kunyit, bawang merah, cabai merah, laos, serai, kemiri, jahe, dan air perasan jeruk purut.

– Kerupuk ikan tenggiri
Untuk membuatnya mula-mula daging ikan tenggiri dihaluskan kemudian dicampur dengan tepung beras. Lalu dibentuk menyerupai kapsul dan dibungkus menggunakan daun pisang atau plastik untuk selanjutnya dikukus. Setelah itu iris tipis dan dijemur di bawah sinar matahari langsung hingga kering. Terakhir goreng kerupuk ikan tenggiri hingga matang.

– Amparan tatak
Amparan tatak terbagi menjadi dua bagian, yaitu bagian atas berwarna putih dengan tekstur lembut yang terbuat dari santan dan bagian bawah yang teksturnya lebih keras terbuat dari tepung beras, gula, dan pisang.

Biasanya masyarakat Tabalong menyajikan amparan tatak saat acara menyambut tamu atau sebagai camilan untuk berbuka puasa.

– Bebek Goreng Kalijo
Bebek Goreng Kalijo adalah Makanan Khas Amuntai yang tak ketinggalan harus kalian cicipi. Menikmati lezatnya citarasa bebek goreng yang empuk, dilumuri sambal ijo yang khas, rasanya tidak akan mengecewakan. Untuk bisa menikmati bebek goreng kalijo ini Anda bisa datang ke Antasari, Amuntai Tengah, Kabupaten Hulu Sungai Utara.

– Alua (Manisan Pepaya)
Alua atau lebih akrab disebut dengan manisan pepaya merupakan Makanan Khas Amuntai atau oleh-oleh khas Amuntai Kabupaten Hulu Sungai Utara yang wajib dibeli saat berlibur ke tempat ini. Selain harganya yang murah, alua atau manisan pepaya ini memiliki kandungan gizi yang cukup baik.

– Gula – gula
gula – gula yang berbentuk itik, bunga, kapal layar dan berbagai bentuk lainnya, gula – gulaan ini sering dipesan pada saat hantaran kawinan atau acara selamatan bahkan menjadi oleh-oleh khas Amuntai, sebab sulit dicari kalo tidak di Kota Amuntai, butuh keahlian dan ketelitian untuk pembuatan gula-gula ini. Biasanya setelah terbentuk menjadi gula-gula itik kemudian dibungkus rapi dengan kertas hingga begitu unik dan menarik.

– Bingka Tumis
Kue bingka merupakan ciri khas makanan banjar dari Kalimantan Selatan, pada umumnya bingka berbagai cita rasa seperti kentang, telur, nangka, keju, tape, dan labu, namun uniknya khas bingka tumis Hulu Sungai Utara ini dengan menambahkan irisan-irisan cabai untuk menambahkan rasa yang kelezatannya tentu berbeda dengan bingka lainnya

– Minuman Sari Sehat Alkarimi
Minuman sari sehat alkarimi adalah minuman herbal berbahan dasar rempah-rempah produksi bapak Aripim. Berbahan dasar jahe merah, hingga saat ini ada lima varian minuman herbal berbentuk serbuk siap saji yang sudah dipasarkan hingga ke Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah.Kelima varian tersebut adalah sari kunyit putih, sari temulawak, sari jahe, sari kunyit kuning, dan sari kencur. Cara pembuatan minuman di awali dengan mengaduk ramuan cair yang ada di dua wajan besar di atas dua tungku kompor gas dengan nyala api yang biru. Selanjutnya ramuan tersebut di beri gula secukupnya dan tunggu hingga matang.

– Itik Panggang
Itik panggang selalu disajikan bersama semangkuk sup. Sup ini istimewa karena memiliki cita rasa yang khas dan unik. Dibanding dengan sup yang lain, sup itik panggang memiliki cita rasa asin yang lebih kuat pada kaldu dan daun sopnya. Dan kayu manis pada sup itik panggang lebih terasa bahkan aromanya juga lebih wangi.

– Bingka kacung
Bingka kacung memiliki bentuk segi enam yang menyerupai kelopak bunga dengan warna kecokelatan. Dibuat dengan cara dipanggang, rupanya bingka kacung hanya tersedia saat bulan Ramadan tiba. Kalau pun dijual pada hari-hari biasa, jumlahnya sedikit sekali.

Itulah Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan khas Tabalong yang Melegenda saat ini.

Alam disekitar Indonesia selalu menjadi daya tarik dan minat semua orang, mulai dari masyarakat lokal atau sekitar Indonesia sampai dengan masyarakat macanegara atau dunia. Keindahan alam yang dimiliki oleh Indonesia begitu indah dan beragam yang memang wajar akan selalu diminati para pelancong. Mulai dari danau, laut, bukit, pegunungan, hutan, dan lain sebagainya terdapat di Indonesia.

Dengan kita berwisata di indonesia dan membeli oleh-oleh dari masyarakat lokal yang ada di daerahnya. Kita turut membantu mengangkat perekonomian dan juga keberlangsungan tempat-tempat wisata indah yang ada di indonesia