8 Oleh-oleh Khas Tana Tidung yang Melegenda Saat Ini

Oleh-Oleh Khas Tana Tidung

Oleh-oleh Khas Tana Tidung – Berliburan menjadi kegemaran sebagian orang, bisa jadi salah satunya yakni Anda. Berikan kesegaran kembali pikiran yang sumpek serta tubuh yang sudah mulai penat ialah alasan sangat masuk akal dari hal ini. Lalu, bagaimana dengan wisata belanja? Apakah juga menjadi kesukaan kamu?

Dalam Bertamasya kurang afdol kalau tidak mencari oleh-oleh khas daerah yang disinggahi. Oleh-oleh yang dibeli rata-rata berbentuk kuliner atau pernak-pernik. Oleh-oleh itu dibeli buat disantap sendiri, digunakan sendiri, ataupun dibagikan ke sanak keluarga.

Manjakan Diri dengan Wisata Belanja Oleh-Oleh Khas Tana Tidung yang Paling Hits

Memanjakan diri bisa dengan beragam cara, Anda yang kebetulan sedang memperoleh bonus dari tugas bisa berwisata sambil berbelanja. Menghabiskan uang bonus dengan membelanjakannya pasti akan bikin suasana hati kembali riang. Apabila, tidak mengganggu tabungan dan uang bulanan.

Wisata belanja menjadi salah satu cara untuk menyingkirkan kepenatan. Mereka yang senang sekali terhadap kegiatan ini biasanya adalah para wanita. Walau begitu, kaum pria juga banyak yang menyukai aktifitas ini.

Membeli bermacam perlengkapan yang kadang-kadang tak dibutuhkan menjadi seni sendiri dalam Bertamasya sambil belanja ini. Tapi, hal ini mungkin hanya terjadi pada mereka yang punya sifat shopacholic. Sementara yang lainnya, barang-barang yang dibeli umumnya memang punya manfaat tersendiri.

Saat-saat yang paling mengasyikkan saat wisata belanja berlangsung ialah saat memilih aneka oleh-oleh atau buah tangan. Menawar dengan harga serendah-rendahnya lalu mendapatkan barang tersebut merupakan sebuah prestasi tersendiri, terkhusus untuk kaum perempuan. Memperoleh barang yang diinginkan dengan harga yang cukup bersahabat dengan kantong merupakan kepuasan tersendiri.

Memanjakan diri dengan cara yang satu ini memang memerlukan budget khusus. Tidak boleh dicampur dengan kebutuhan untuk sehari-hari. Sudah pasti, supaya sepulangnya dari berwisata, Anda tidak kembali stres memikirkan uang yang habis.

Wisata Belanja Oleh-oleh khas Tana Tidung yang Melegenda

Indonesia punya banyak sekali tempat wisata. Tempat rekreasi itu pastinya sudah lengkap dengan para pedagang yang menawarkan oleh-oleh atau buah tangan. Salah satu kota tujuan rekreasi yang banyak disukai oleh masyarakat, baik dalam maupun luar negeri yakni Tana Tidung.

Di Tana Tidung, Anda dapat berwisata belanja sepuasnya. Membeli barang-barang cantik juga unik khas kerajinan tangan warga pasti tak akan kamu lewatkan. Harganya yang murah serta bentuknya yang unik merupakan kekuatan yang dimiliki oleh barang-barang khas Tana Tidung.

Berikut Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Tana Tidung yang Terkenal

1.Sambel Ikan Asin

Kuliner yang akrab juga dengan sebutan Gammy oleh masyarakat Tana Tidung ini diproses dengan cara ditumis dengan saus gurih, kemudian dilengkapi sayur singkong. Rasanya pedas bercampur asam dan juga asin. Sambal ini bisa bertahan sekitar dua minggu jika disimpan diluar ruangan, dan lebih lama lagi jika disimpan di dalam kulkas

2. Udang Galah

Udang Galah juga berasal dari perairan Sungai Sesayap. Bisa diolah menjadi makanan apapun. Sebenarnya tidak perlu ditambahkan bumbu lagi Udang Galah tetap enak karena dagingnya sudah memiliki rasa manis-manis gurih. Selain itu udang ini pun tidak berbau tanah, Bagian paling enak dari Udang Galah yaitu isi dari kepalanya karena terdapat telur udang dan sedikit daging yang sangat lezat sekali ketika dihisap. Karena itulah ukuran kepala Udang Galah lebih besar dibandingkan badannya.

3. Jahe Bawang Dayak

Di Tana Tidung jenis bawang ini sering dijadikan jamu untuk mengembalikan kesegaran tubuh

Dengan aroma yang khas, dan rasa yang nikmat, Jahe Bawang Dayak akan membuat tubuh anda senantiasa, sehat, dan terhindar dari berbagai penyakit walaupun selalu menjalani aktivitas yang padat.

4. Kue Tambi

amilan ini terbuat dari campuran tepung terigu dengan santan air kapur sirih, mentega, dan gula merah. Penggorengannya dilakukan dua kali. Pertama, saat adonan masih berisi santan air kapur sirih dan mentega. Kedua, setelah ditiriskan kemudian digoreng lagi dengan gula merah.

5. Buah Tarap

Buah Tarap termasuk ke dalam marga buah Nangka. Buah ini rasanya sangat manis. Cara kupasnya mirip ketika anda memakan Buah Srikaya. cukup belah pakai tangan, karena sangat lunak terlebih jika sudah matang. Nantinya akan terlihat butiran ranum berwarna putih yang siap untuk disantap.

6. Tas Dayak

as ini sangat etnik dibalut dengan corak khas Dayak yang merupakan salah satu suku yang ada di Tana Tidung. Cocok untuk dijadikan buah tangan terutama untuk mereka yang ingin terlihat berpenampilan etnik.

7. Sate Ikan Pari

Di provinsi tersebut, terdapat sungai Sesayap yang merupakan sungai induk di bagian utara Kalimantan Timur. Di sungai tersebut banyak terdapat ikan pari yang menjadi bahan dasar untuk membuat masakan sate.

Cara membuat sate ikan pari mudah. Setelah dibersihkan sebelumnya, ikan pari dipisahkan antara kulit dan dagingnya.

Lalu daging dipotong dadu dan direndam jeruk nipis untuk menghilangkan bau amisnya. Selanjutnya, sate dibumbui dengan rempah-rempah dan dibakar seperti sate pada umumnya. Sate yang nikmat ini kerap menjadi incaran para wisatawan yang berkunjung ke daerah tersebut.

Itulah Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Tana Tidung yang Populer saat ini.

Alam disekitar Indonesia selalu menjadi daya tarik dan minat semua orang, mulai dari masyarakat lokal atau sekitar Indonesia sampai dengan masyarakat macanegara atau dunia. Keindahan alam yang dimiliki oleh Indonesia begitu indah dan beragam yang memang wajar akan selalu diminati para pelancong. Mulai dari danau, laut, bukit, pegunungan, hutan, dan lain sebagainya terdapat di Indonesia.

Dengan kita berwisata di indonesia dan membeli oleh-oleh dari masyarakat lokal yang ada di daerahnya. Kita turut membantu mengangkat perekonomian dan juga keberlangsungan tempat-tempat wisata indah yang ada di indonesia