10 Oleh-oleh Khas Tapin yang Wajib dibawa Pulang Saat Ini

Oleh-Oleh Khas Tapin

Oleh-oleh Khas Tapin – Berwisata menjadi kesenangan sebagian orang, bisa jadi salah satunya ialah kamu. Memberi kesegaran kembali pikiran yang pengap serta tubuh yang sudah mulai penat yakni alasan sangat masuk akal dari hal ini. Lantas, bagaimana dengan wisata belanja? Apakah juga menjadi kesenangan kamu?

Dalam Berliburan kurang afdol apabila tidak mencari oleh-oleh khas daerah yang dikunjungi. Oleh-oleh yang dibeli rata-rata berbentuk kuliner atau pernak-pernik. Oleh-oleh itu dibeli untuk dimakan sendiri, dipakai sendiri, atau dikasihkan ke sanak keluarga.

Manjakan Diri dengan Wisata Belanja Oleh-Oleh Khas Tapin yang Paling Hits

Memanjakan diri dapat dengan beragam cara, Anda yang kebetulan tengah mendapatkan bonus dari tugas bisa berekreasi sambil belanja. Menghabiskan uang bonus dengan membelanjakannya tentu akan membikin suasana hati kembali riang. Apabila, tidak mengganggu tabungan dan uang bulanan.

Wisata belanja menjadi salah satu cara untuk menyingkirkan kepenatan. Mereka yang suka sekali pada kegiatan ini biasanya yakni para perempuan. Meskipun demikian, para pria juga banyak juga yang menggilai kegiatan ini.

Membeli berbagai perlengkapan yang kadang-kadang tidak diperlukan menjadi seni sendiri dalam Berliburan sambil belanja ini. Tapi, hal tersebut mungkin hanya terjadi pada mereka yang memiliki sifat shopacholic. Sementara yang lainnya, barang-barang yang dibeli umumnya memang punya manfaat tersendiri.

Saat-saat yang paling mengasyikkan saat wisata belanja berlangsung yakni saat memilih aneka oleh-oleh atau buah tangan. Menawar dengan harga serendah-rendahnya lalu mendapatkan barang tersebut merupakan sebuah prestasi tersendiri, terkhusus bagi kaum wanita. Mendapatkan barang yang diinginkan dengan harga yang cukup ramah dengan kantong merupakan kepuasan tersendiri.

Memanjakan diri dengan cara yang satu ini memang membutuhkan budget khusus. Jangan dicampur dengan kebutuhan buat sehari-hari. Sudah pasti, biar sehabis pulang dari berwisata, kamu tidak kembali stres memikirkan uang yang habis.

Wisata Belanja Oleh-oleh khas Tapin yang Wajib dibawa Pulang

Indonesia mempunyai banyak sekali obyek wisata. Tempat wisata tersebut tentunya sudah lengkap dengan para pedagang yang menawarkan oleh-oleh atau buah tangan. Salah satu kota tujuan rekreasi yang banyak disukai oleh masyarakat, baik dalam maupun luar negeri yakni Tapin.

Di Tapin, kamu bisa berwisata belanja sepuasnya. Membeli barang-barang cantik juga unik khas kerajinan tangan warga pasti tidak akan kamu lewatkan. Harganya yang murah serta bentuknya yang unik adalah kekuatan yang dimiliki oleh barang-barang khas Tapin.

Berikut Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Tapin yang Favorit

– Ipau Basumap
Ipau basumap merupakan pizza khas Nusantara. Terdapat dua jenis ipau basumap di kabupaten Patin, yaitu tumpuk dan gulung. Keduanya jelas memiliki perbedaan satu sama lain.

Ipau basumap gulung diadopsi dari kuliner khas Timur Tengah, maka tak heran jika aroma rempah-rempahnya begitu kuat. Isiannya pun lebih dominan dengan daging, kentang, dan lelehan minyak samin.

Sedangkan ipau basumap tumpuk memiliki cita rasa yang sudah disesuaikan dengan lidah lokal. Isi di dalamnya juga lebih beragam. Selain daging dan kentang, ada juga wortel, bihun, serta telur rebus.

– Es Kacang Merah
Salah satu minuman segar khas kota Rantau tidaklah sulit karena tersedia es kacang merah. Es kacang merah ini juga menjadi salah satu kuliner dan Makanan Khas Rantau Kabupaten Tapin. Seringkali sajian es kacang merah ada di sebuah restoran sapai tempat makan tepi jalan. Dari segi harga, menu es yang dijual di pinggir jalan ini cukup murah.

– Rimpi, Makanan Khas Rantau Kabupaten Tapin
Jika diperhatikan dengan seksama, rimpi memiliki tampilan yang mirip seperti pisang goreng. Maka tak heran jika banyak orang menamai camilan ini dengan rimpi goreng. Padahal proses pembuatan rimpi sedikit lebih sulit dibandingkan pisang goreng.

Untuk membuat rimpi, pisang harus dijemur terlebih dahulu selama kurang lebih empat hari hingga kering. Selain pisang, kamu juga membutuhkan bahan-bahan lain, yaitu tepung terigu, air, gula, dan garam.

– Patin Baubar
Patin baubar adalah kuliner khas Tapin berupa pepes ikan patin. Mula-mula ikan patin diberi bumbu rempah-rempah kemudian dimasak dengan cara dibakar di atas tungku. Angkat pepes setelah bumbu rempah-rempahnya meresap.

Cita rasa patin baubar sangat nikmat. Hal ini pun diakui oleh para wisatawan.

Biasanya masyarakat kabupaten Tapin menyantap patin baubar dengan nasi putih. Tak lupa teh manis atau es jeruk sebagai minumannya.

– Iwak Pakasam (Iwak Basamu)
Pembuatan iwak pakasam atau kadang juga disebut iwak basamu ini hampir sama dengan manday, yang membedakan hanyalah bahan dasarnya. Iwak pakasam (iwak basamu) berbahan dasar ikan, seperti ikan haruan (ikan gabus), ikan pepuyu, ikan mangki, dan ikan sepat.

Ikan ini biasa dimasak dengan bawang goreng. Iwak pakasam dijual dengan harga Rp. 50.000,00 per porsi.

Itulah Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Tapin yang Paling Hits saat ini.

Alam disekitar Indonesia selalu menjadi daya tarik dan minat semua orang, mulai dari masyarakat lokal atau sekitar Indonesia sampai dengan masyarakat macanegara atau dunia. Keindahan alam yang dimiliki oleh Indonesia begitu indah dan beragam yang memang wajar akan selalu diminati para pelancong. Mulai dari danau, laut, bukit, pegunungan, hutan, dan lain sebagainya terdapat di Indonesia.

Dengan kita berwisata di indonesia dan membeli oleh-oleh dari masyarakat lokal yang ada di daerahnya. Kita turut membantu mengangkat perekonomian dan juga keberlangsungan tempat-tempat wisata indah yang ada di indonesia