15 Oleh-oleh Khas Tuban yang Favorit Saat Ini

Oleh-Oleh Khas Tuban

Oleh-oleh Khas Tuban – Berpiknik menjadi hobi sebagian orang, bisa jadi salah satunya adalah kamu. Memberi kesegaran kembali pikiran yang pengap serta badan yang sudah mulai letih yakni alasan sangat masuk akal dari hal ini. Lalu, bagaimana dengan wisata belanja? Apakah juga menjadi kesukaan kamu?

Dalam Berliburan kurang afdol bila tak mencari oleh-oleh khas daerah yang disinggahi. Oleh-oleh yang dibeli kebanyakan berbentuk makanan atau pernak-pernik. Oleh-oleh itu dibeli buat dikonsumsi sendiri, digunakan sendiri, maupun diberikan ke sanak keluarga.

Manjakan Diri dengan Wisata Belanja Oleh-Oleh Khas Tuban yang Wajib dibawa Pulang

Memanjakan diri bisa dengan berbagai cara, Anda yang kebetulan sedang memperoleh bonus dari pekerjaan bisa berwisata sembari berbelanja. Menghabiskan uang bonus dengan membelanjakannya pasti akan bikin suasana hati kembali gembira. Asalkan, tidak mengganggu tabungan dan uang bulanan.

Wisata belanja menjadi salah satu cara untuk menyingkirkan kepenatan. Mereka yang gemar sekali pada kegiatan ini biasanya yakni para wanita. Walaupun begitu, para lelaki juga banyak yang menggilai kegiatan ini.

Membeli berbagai perlengkapan yang kadang tak dibutuhkan menjadi seni sendiri dalam Berliburan sambil belanja ini. Namun, hal tersebut mungkin hanya terjadi pada mereka yang mempunyai sifat shopacholic. Sementara yang lainnya, barang-barang yang dibeli umumnya memang punya manfaat tersendiri.

Saat-saat yang paling membahagiakan saat wisata belanja berlangsung yakni saat memilih aneka oleh-oleh atau buah tangan. Menawar dengan harga serendah-rendahnya lalu memperoleh barang tersebut merupakan sebuah prestasi tersendiri, terutama untuk kaum perempuan. Memperoleh barang yang diinginkan dengan harga yang cukup bersahabat dengan kantong merupakan kepuasan tersendiri.

Memanjakan diri dengan cara yang satu ini memang membutuhkan budget khusus. Tidak boleh dicampur dengan kebutuhan buat sehari-hari. Pastinya, supaya habis pulang dari berwisata, Anda tidak kembali stres memikirkan uang yang habis.

Wisata Belanja Oleh-oleh khas Tuban yang Kekinian

Indonesia punya banyak sekali tempat wisata. Tempat rekreasi tersebut pastinya sudah lengkap dengan para pedagang yang menawarkan oleh-oleh atau buah tangan. Salah satu kota tujuan wisata yang banyak disukai oleh orang-orang, baik dalam maupun luar negeri adalah Tuban.

Baca Juga:  8 Oleh-oleh Khas Gunung Mas yang Terkenal Saat Ini

Di Tuban, Anda bisa berwisata belanja sepuasnya. Membeli barang-barang cantik juga unik khas kerajinan tangan warga tentu tak akan Anda lewatkan. Harganya yang murah serta bentuknya yang unik adalah kekuatan yang dimiliki oleh barang-barang khas Tuban.

Berikut Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Tuban yang Favorit

– Keripik Gayam
Gayam merupakan sebuah tumbuhan yang khas dari Tuban. Tanaman ini kemudian dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk diolah menjadi sebuah keripik. Siapa sangka jika rasanya yang lezat dan unik membuat para wisatawan penasaran. Alasan inilah yang kemudian membuat produk tersebut selalu laris diburu oleh pelancong.

– Buah Siwalan

Siwalan atau yang dikenal juga dengan Lontar memiliki buah yang biasa dijadikan sebagai oleh-oleh di Tuban. Buah dari Siwalan ini memiliki bentuk mirip dengan kolang kaling. Ada yang memakannya secara langsung ataupun ada juga yang diolah dengan bahan lainnya. Bisa jadi campuran pudding, kue, minuman segar dan dessert lainnya.

– Cumi Crispy

cumi crispy belakangan ini banyak diburu. Yup, rasanya yang sangat nikmat dan khas membuatnya laris manis jadi oleh-oleh khas Tuban. Makanan ini bisa dijadikan sebagai kudapan ataupun juga sebagai lauk nasi. Kamu bisa membelinya di berbagai toko oleh-oleh. Bahkan sekarang, pembeli juga bisa memesannya secara online.

– Legen
legen merupakan air buah siwalan. Rasanya yang manis dan segar membuat siapa saja merasa ketagihan. Tidak jarang bahan ini difermentasikan terlebih dahulu hingga menjadi ciu atau arak jawa. Apabila sudah melalui proses tersebut, rasa legen akan berbeda jauh dengan aslinya karena terdapat kadar alkohol di dalamnya.

– Dumbek
ajanan satu ini merupakan makanan khas yang mungkin tidak diketahui oleh banyak anak muda di zaman sekarang. Alasannya tidak lain adalah karena makanan ini mulai jarang ditemui di Tuban. Dumbek merupakan makanan bertekstur lembut yang dibungkus dengan daun lontar. Jajanan ini berbentuk lonjong panjang mirip terompet dan memiliki bau yang harum. Konon kata pembuatnya, jajanan ini merupakan camilan para wali.

Baca Juga:  20 Oleh-oleh Khas Nias Utara yang Paling Hits Saat Ini

– Terasi Udang
Produk tradisional ini masuk dalam list produk khas yang tak boleh ketinggalan untuk Anda bawa pulang. Biasanya item ini dijual dalam bentuk kotak yang dimasukkan ke dalam sebuah plastik tertutup rapat. Meskipun begitu, yang namanya terasi akan tetap tercium dari luar. Menyiasati hal ini, Anda bisa meminta kantong plastik tambahan kepada penjualnya.

– Gemblong
Gemblong merupakan salah satu jenis kue tradisional yang termasuk dalam jajanan pasar. Untuk Anda yang hobi makan makanan manis jangan sampai melewatkan jajanan ini. Gemblong terbuat dari adonan tepung beras ketan putih yang diuleni hingga kalis dan dibentuk bulat seperti bola. Adonan yang sudah berbentuk seperti bola kemudian digoreng hingga matang. Setelah matang Gemblong lalu didinginkan sebelum dilapisi dengan larutan gula aren.

Amplo
Tampaknya nama “Amplo” cukup jarang didengar oleh orang yang bukan asli Tuban. Memang benar bahwa kudapan yang satu ini sangat bersifat lokal. Kabarnya, oleh-oleh tersebut terbuat dari olahan tanah liat. Bahannya yang tidak biasa mampu menarik rasa penasaran pendatang yang singgah ke kota tersebut.

Bagi orang yang sudah mencicipinya, mereka beranggapan bahwa rasa Amplo mirip dengan stik coklat. Rasanya cukup ringan sehingga sangat cocok untuk dijadikan camilan. Apabila Anda penasaran, langsung saja menyempatkan waktu untuk membelinya sebagai buah tangan. Dijamin keluarga di rumah juga masih asing dengan olahan khas yang satu ini.

– Ikan Asin Tuban
Salah satu yang paling terkenal adalah ikan asin. Panganan tersebut patut untuk Anda jadikan oleh-oleh karena sangat mudah untuk ditemukan di wilayah tersebut. Anda tidak perlu pusing berkeliling mencarinya.

Tidak perlu khawatir karena setiap tahapan proses produk ikan ini dibuat tanpa bahan kimia. Pengolahannya dilakukan secara tradisional dan tanpa pengawet. Harga yang ditawarkan juga cukup bervariasi. Anda hanya perlu membeli yang harganya pas di kantong. Dengan begitu, kudapan ini tidak akan menjadi beban bagi dompet Anda.

Baca Juga:  7 Oleh-oleh Khas Purworejo yang Kekinian Saat Ini

– Kecap Laron
Bagi Anda yang belum tahu, kecap laron merupakan sebuah merek kecap yang sangat legendaris di Tuban. Rasanya dikabarkan berbeda dengan kecap yang umum di pasaran. Warnanya yang hitam pekat dengan konsistensinya yang sangat kental menjadi bukti bahwa produk ini dibuat dengan kualitas yang terjamin.

Sebenarnya kecap ini bisa Anda temukan di luar wilayah Tuban. Akan tetapi, keberadaannya agak sulit untuk ditemukan. Oleh karena itu, apabila Anda singgah ke kota pesisir ini dapat membelinya terlebih dahulu sebelum pulang ke daerah asal. Harganya juga cukup terjangkau yaitu sekitar 10 hingga 30 ribu rupiah tergantung dengan ukuran kemasannya.

Itulah Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Tuban yang Paling Hits saat ini.

Alam disekitar Indonesia selalu menjadi daya tarik dan minat semua orang, mulai dari masyarakat lokal atau sekitar Indonesia sampai dengan masyarakat macanegara atau dunia. Keindahan alam yang dimiliki oleh Indonesia begitu indah dan beragam yang memang wajar akan selalu diminati para pelancong. Mulai dari danau, laut, bukit, pegunungan, hutan, dan lain sebagainya terdapat di Indonesia.

Dengan kita berwisata di indonesia dan membeli oleh-oleh dari masyarakat lokal yang ada di daerahnya. Kita turut membantu mengangkat perekonomian dan juga keberlangsungan tempat-tempat wisata indah yang ada di indonesia