7 Oleh-oleh Khas Tulungagung yang Kekinian Saat Ini

Oleh-Oleh Khas Tulungagung

Oleh-oleh Khas Tulungagung – Berpiknik menjadi hobi sebagian orang, bisa jadi salah satunya ialah kamu. Beri kesegaran kembali pikiran yang sumpek dan badan yang sudah mulai penat yakni alasan paling masuk akal dari hal ini. Lalu, bagaimana dengan wisata belanja? Apakah juga menjadi kesukaan kamu?

Dalam Berpiknik kurang afdol kalau tak mencari oleh-oleh khas daerah yang didatangi. Oleh-oleh yang dibeli kebanyakan berbentuk makanan atau pernak-pernik. Oleh-oleh tersebut dibeli buat disantap sendiri, dipakai sendiri, atau dikasihkan ke sanak keluarga.

Manjakan Diri dengan Wisata Belanja Oleh-Oleh Khas Tulungagung yang Paling Hits

Memanjakan diri bisa dengan bermacam cara, Anda yang ketepatan lagi mendapat bonus dari pekerjaan bisa berpiknik sambil belanja. Menghabiskan uang bonus dengan membelanjakannya pasti akan membuat suasana hati kembali gembira. Apabila, tidak mengganggu tabungan dan uang bulanan.

Wisata belanja menjadi salah satu cara buat mengusir kepenatan. Mereka yang senang sekali pada aktifitas ini biasanya adalah para wanita. Meski begitu, kaum pria juga banyak juga yang menyukai kegiatan ini.

Membeli bermacam perlengkapan yang terkadang tidak diperlukan menjadi seni sendiri dalam Berpiknik sembari belanja ini. Tapi, hal tersebut mungkin hanya terjadi pada mereka yang memiliki sifat shopacholic. Sementara yang lainnya, barang-barang yang dibeli biasanya memang memiliki kegunaan tersendiri.

Saat-saat yang sangat mengasyikkan saat wisata belanja berlangsung yakni saat memilih aneka oleh-oleh atau buah tangan. Menawar dengan harga serendah-rendahnya lalu mendapatkan barang itu merupakan sebuah prestasi tersendiri, terkhusus untuk kaum perempuan. Mendapatkan barang yang diinginkan dengan harga yang cukup bersahabat dengan kantong merupakan kepuasan tersendiri.

Memanjakan diri dengan cara yang satu ini memang memerlukan budget khusus. Jangan dicampur dengan kebutuhan buat sehari-hari. Pastinya, supaya sehabis pulang dari berwisata, Anda tidak kembali stres memikirkan uang yang habis.

Baca Juga:  8 Oleh-oleh Khas Kota Pagar Alam yang Populer Saat Ini

Wisata Belanja Oleh-oleh khas Tulungagung yang Kekinian

Indonesia memiliki banyak sekali obyek wisata. Tempat wisata tersebut pastinya sudah lengkap dengan para pedagang yang menjajakan oleh-oleh atau buah tangan. Salah satu kota tujuan wisata yang banyak disukai oleh warga, baik dalam maupun luar negeri yakni Tulungagung.

Di Tulungagung, Anda bisa berwisata belanja sepuasnya. Membeli barang-barang cantik juga unik khas kerajinan tangan warga pasti tak akan Anda lewatkan. Harganya yang murah serta bentuknya yang unik merupakan kekuatan yang dimiliki oleh barang-barang khas Tulungagung.

Berikut Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Tulungagung yang Kekinian

1. Enting-enting Kacang
enting-enting merupakan satu diantaranya. Terbuat dari campuran wijen dan kacang tanah yang kemudian ditambahkan dalam gula merah yang telah dilarutkan, lalu diaduk sampai mengental, terakhir di cetak dan dikemas.

Rasanya manis, gurih, dan legit. Meski saat terlalu banyak mengonsumsinya dapat memicu sakit gigi, akan tetapi makan satu saja memang tidak cukup. Selain disebut sebagai enting-enting kacang, oleh-oleh ini juga memilik nama lain yaitu geti. Harganya tidak terlalu mahal, terkadang pengemasannya ada yang berbentuk piramida dan sangat lucu.

2. Jenang Syabun
Bahan utama dari Jenang Syabun terbuat dari beras ketan, yang kemudian dicampur dengan kelapa, gula pasir, dan susu kental. Oleh-oleh khas Tulungagung yang satu ini memang mirip dengan dodol, dan memiliki proses pembuatan yang cukup panjang. Proses mengaduk jenang ini sungguh membutuhkan banyak kesabaran, tungku apinya pun juga harus diperhatikan. Hal tersebut dilakukan agar menghasilkan Jenang Syabun yang lembut dan halus.

3. Manco
manco makanan berbentuk persegi panjang atau lonjong-lonjong kecil ini sangat terkenal di penjuru Nusantara. Pasalnya banyak kota yang menjualnya.

Baca Juga:  10 Oleh-oleh Khas Ogan Komering Ilir yang Melegenda Saat Ini

Namun, rasa jajanan Tulungagung ini jelas berbeda daripada olahan di kota-kota lainnya. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk membelinya.

Cara membuat manco tidaklah sulit. Sediakan saja tepung beras ketan, kemudian campur dengan gula jawa dan sedikit air. Aduk sampai kalis dan bentuk lalu masukkan ke wadah yang berisi banyak wijen, bisa juga ditaburi. Jika tidak ada wijen, maka sebagai penggantinya bisa menggunakan beras yang disangrai. Terakhir goreng hingga keclokatan.

4. Kerupuk Rambak Asli Tulungagung
Bagi kebanyakan orang Indonesia, makan tak lengkap rasanya jika tidak ditemani dengan kerupuk. Di Tulungagung, terdapat kerupuk yang terbuat dari kulit sapi atau kerbau yang juga sering dibawa pulang oleh para wisatawan. Kerupuk Rambak asli Tulungagung memang lebih renyah dan gurih bila dibandingkan dengan kerupuk rambak dari kota lain. Salah satu produsen Kerupuk Rambak yang terbaik di sini yakni di kawasan Botoran Pangungrejo.

5. Kerupuk Gadung
ner selanjutnya yang bisa dibungkus untuk sanak saudara di rumah yaitu Kerupuk Gadung. Olahan tersebut memiliki material utamanya yaitu gadung, sejenis singkong dengan kandungan getah berbahaya.

Apabila salah memprosesnya, gadung dapat menimbulkan efek pusing, memabukkan, mual, atau gejala keracunan lain. Sehingga hanya orang-orang tertentu dan biasanya sudah berusia lanjut yang bisa memasaknya menggunakan trik tertentu. Oleh karena itu, saat ini untuk menemukannya terbilang lumayan sulit.

6. Ledre Pisang
di Tulungagung juga terdapat pusat produksi kue yang sangat nikmat satu ini. Bahkan jajanan ini juga banyak dijual di pusat oleh-oleh Kota Tulungagung. Makanan ringan ini sejatinya sedikit mirip kue semprong, dengan bentuk kotak atau stick roll. Bedanya, kue ini memiliki aroma pisang yang kuat dengan tekstur yang lebih renyah dan gurih.

7. Madumongso
makanan ringan berikut mengandung madu dan dicampur ketan hitam, ketan putih, gula, ragi, dan kelapa. Pada beberapa resep ketan tersebut ada terlebih dahulu difermentasi menjadi tape, namun ada juga yang tidak.

Baca Juga:  7 Oleh-oleh Khas Bogor yang Wajib dibawa Pulang Saat Ini

Semua bahan diatas diolah dan dicampur hingga menjadi satu, lembek sedikit memadat, dan lengket. Cita rasanya manis, legit, serta agak asam karena mengandung ragi yang dibuat tape. Perpaduan rasa yang jarang ditemukan itu, justru menjadi sebuah daya tarik tersendiri.

Madumongso pada umumnya dikemas panjang, lalu dibungkus menggunakan kertas warna-warni. Tampilannya hampir sama dengan permen. Masyarakat Tulungagung biasa membuat dan menyajikan kudapan ini saat perayaan hari Raya Idul Fitri. Namun, saat ini banyak pula toko oleh-oleh yang menjualnya dengan harga yang sangat terjangkau.

Itulah Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Tulungagung yang Melegenda saat ini.

Alam disekitar Indonesia selalu menjadi daya tarik dan minat semua orang, mulai dari masyarakat lokal atau sekitar Indonesia sampai dengan masyarakat macanegara atau dunia. Keindahan alam yang dimiliki oleh Indonesia begitu indah dan beragam yang memang wajar akan selalu diminati para pelancong. Mulai dari danau, laut, bukit, pegunungan, hutan, dan lain sebagainya terdapat di Indonesia.

Dengan kita berwisata di indonesia dan membeli oleh-oleh dari masyarakat lokal yang ada di daerahnya. Kita turut membantu mengangkat perekonomian dan juga keberlangsungan tempat-tempat wisata indah yang ada di indonesia