8 Oleh-oleh Khas Wonogiri yang Favorit Saat Ini

Oleh-Oleh Khas Wonogiri

Oleh-oleh Khas Wonogiri – Bertamasya menjadi kesenangan sebagian orang, bisa jadi salah satunya adalah kamu. Berikan kesegaran kembali pikiran yang sesak dan badan yang sudah mulai capek ialah alasan paling logis dari hal ini. Lantas, bagaimana dengan wisata belanja? Apakah juga menjadi kesukaan Anda?

Dalam Berwisata kurang afdol jika tak mencari oleh-oleh khas daerah yang dikunjungi. Oleh-oleh yang dibeli biasanya berbentuk makanan atau pernak-pernik. Oleh-oleh tersebut dibeli untuk disantap sendiri, digunakan sendiri, maupun dikasihkan ke sanak keluarga.

Manjakan Diri dengan Wisata Belanja Oleh-Oleh Khas Wonogiri yang Kekinian

Memanjakan diri bisa dengan berbagai cara, kamu yang kebetulan lagi memperoleh bonus dari tugas bisa berpiknik sembari belanja. Menghabiskan uang bonus dengan membelanjakannya tentu akan membikin suasana hati kembali riang. Jikalau, tidak mengganggu tabungan dan uang bulanan.

Wisata belanja menjadi salah satu cara buat menyingkirkan kepenatan. Mereka yang suka sekali terhadap kegiatan ini biasanya yakni para perempuan. Meskipun demikian, para lelaki juga banyak yang menyukai kegiatan ini.

Membeli beragam perlengkapan yang terkadang tidak dibutuhkan menjadi seni sendiri dalam Bertamasya sembari belanja ini. Namun, hal tersebut mungkin hanya terjadi pada mereka yang mempunyai sifat shopacholic. Sementara yang lainnya, barang-barang yang dibeli biasanya memang memiliki manfaat tersendiri.

Saat-saat yang paling mengasyikkan saat wisata belanja berlangsung ialah saat memilih aneka oleh-oleh atau buah tangan. Menawar dengan harga serendah-rendahnya lalu memperoleh barang itu merupakan sebuah prestasi tersendiri, terkhusus untuk kaum perempuan. Memperoleh barang yang diinginkan dengan harga yang cukup bersahabat dengan kantong merupakan kepuasan tersendiri.

Memanjakan diri dengan cara yang satu ini memang memerlukan budget khusus. Tidak boleh dicampur dengan kebutuhan untuk sehari-hari. Sudah pasti, biar setelah pulang dari berwisata, kamu tidak kembali stres memikirkan uang yang habis.

Wisata Belanja Oleh-oleh di Wonogiri yang Terkenal

Indonesia mempunyai banyak sekali tempat wisata. Tempat rekreasi tersebut tentunya sudah lengkap dengan para pedagang yang menjajakan oleh-oleh atau buah tangan. Salah satu kota tujuan rekreasi yang banyak digemari oleh masyarakat, baik dalam maupun luar negeri adalah Wonogiri.

Baca Juga:  12 Oleh-oleh Khas Banyuasin yang Kekinian Saat Ini

Di Wonogiri, Anda dapat berwisata belanja sepuasnya. Membeli barang-barang cantik juga unik khas kerajinan tangan warga pasti tidak akan kamu lewatkan. Harganya yang murah serta bentuknya yang unik merupakan kekuatan yang dimiliki oleh barang-barang khas Wonogiri.

Berikut Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Wonogiri yang Paling Hits

1. Geti Biji Wijen wonogiri
geti Biji Wijen Kue tradisional yang satu ini bisa dengan mudah ditemukan di toko, pusat oleh-oleh, atau bahkan pasar tradisional. Buat Anda yang belum pernah tahu, camilan ini memiliki tampilan yang sangat sederhana dengan rasa enak.

Secara kasat mata, camilan ini punya tampilan seperti kotak dengan taburan wijen di permukaannya. Kue ini sendiri terbuat dari perpaduan gula Jawa, jahe, dan juga wijen. Karena bahan tersebut, saat dikonsumsi geti memberikan sensasi pedas jahe, manisnya gula Jawa, dan gurih biji wijen. Tidak perlu takut kue basi, karena Geti bisa bertahan beberapa hari.

2. Sambal Cabuk Wijen wonogiri
Ketika mendengar nama sambal mungkin yang terlintas di pikiran Anda ialah tampilan cabai yang dipadukan dengan bumbu rempah lainnya. Namun hal demikian berbeda dengan Sambal Cabuk Wijen khas Wonogiri ini. Secara visual, penganan ini tampak seperti Pepes yang dibungkus dengan daun pisang. Di atasnya terdapat sisa proses pembakaran daun.

Untuk cita rasa Sambal Cabuk Wijen sendiri sangatlah unik. Rasanya cenderung pedas, legit, dan warnanya sedikit gelap dari sambal biasanya. Jika dihidangkan dengan sepiring nasi hangat, Sambal Cabuk Wijen ini akan terasa begitu nagih dan nikmat. Tak heran ada banyak sekali wisatawan yang memburu penganan ini untuk dijadikan sebagai oleh oleh.

3. Brem Wonogiri
Rasanya yang manis dengan sedikit sentuhan asam seakan melebur dengan tekstur brem. Kue empuk ini bahkan meleleh saat dimakan.

Lalu apa yang membuat brem dari Wonogiri layak untuk dibeli? Perlu Anda ketahui kalau setiap daerah di Indonesia memiliki ciri rasa makanan yang berbeda. Begitu pula dengan brem Wonogiri yang memiliki bentuk bulat dan cenderung lebih manis. Jika dibandingkan dengan brem Madiun, jelas saja jajanan ini cenderung memiliki bentuk yang lebih kecil.

Baca Juga:  12 Oleh-oleh Khas Seruyan yang Melegenda Saat Ini

Kue tradisional yang terbuat dari fermentasi beras ketan ini sudah tersebar di banyak toko dan juga pusat oleh-oleh. Bahkan, beberapa merek ternama pun sudah merambah ke luar daerah. Namun tidak ada salahnya untuk beli langsung dari rumah asal kue ini. Anda bisa temukan banyak penjaja brem di jalan utama Wonogiri dengan harga terjangkau.

4. Wader Goreng Wonogiri
Wader goreng dijadikan sebagai oleh oleh pada tahun 1982. Kala itu, Wader hanya dapat ditemukan di daerah sekitar Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri. Seiring dengan berjalannya waktu, ikan tersebut kemudian dijadikan sebagai oleh oleh khas Wonogiri.

Sesuai dengan namanya, penganan ini terbuat dari Ikan Wader yang dibumbui dan diberi tepung yang kemudian di goreng garing. Kuliner olahan ikan ini sangat nikmat jika disantap langsung ataupun disajikan bersama nasi hangat.

5. Roti Gaplek wonogiri
gaplek adalah olahan makanan yang berbahan dasar ketela pohon. Dari nama tersebut, Anda mungkin sudah menebak apa yang membuat oleh-oleh roti ini unik. Bahan ketela pohon ini diolah sedemikian rupa untuk menjadi tepung bahan pembuatan roti. Tepung tersebut yang kemudian digunakan untuk membuat roti tradisional.Menurut pembuat dan penjual asli Wonogiri, ketela pohon dikupas dan dicuci bersih. Kemudian, bahan tersebut dikeringkan di bawah sinar matahari lalu ditumbuk hingga halus. Resep tersebut kemudian dikreasikan menjadi roti unik dengan cita rasa yang bervariasi, seperti coklat mede, jahe, dll. Anda bisa membeli produk ini di pusat oleh-oleh Wonogiri.

6. Kaos Singsot wonogiri
Wonogiri juga menawarkan kaos oblong berkualitas yang menjadi saingan Bali dan Jogja. Kaos oblong tersebut dinamakan sebagai kaos Singsot. Pemilihan bahan yang berkualitas dan desainnya yang beragam membuat kaos ini banyak diburu para wisatawan. Tak jarang dari mereka yang memborong kaos Singsot untuk dibagikan ke kerabatnya.

Desainnya yang fashionable membuat buah tangan ini kian digemari oleh berbagai kalangan. Untuk bisa mendapatkan Kaos Singsot, Anda hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp 60 ribu per satu buah kaos. Tetapi, jika Anda membelinya secara grosir akan mendapatkan harga yang jauh lebih terjangkau

Baca Juga:  7 Oleh-oleh Khas Sukoharjo yang Favorit Saat Ini

7. Emping Melinjo wonogiri
Siapa yang tidak kenal dengan camilan sederhana emping dengan rasa renyah dan gurihnya? Bahkan tidak heran jika makanan ringan tersebut sudah menjadi idola banyak kalangan. Di Wonogiri sendiri, camilan ini bisa Anda temukan sebagai salah satu alternatif oleh-oleh yang lezat. Pada umumnya, Anda bisa menemukan produk ini dalam keadaan siap goreng.

Bagi Anda yang belum tahu, emping Wonogiri terbuat dari bahan melinjo. Bahan tersebut disangrai kemudian dipipihkan. Kemudian, kepingan melinjo tersebut akan dijemur hingga kering dan menyerupai kerupuk. Kerupuk emping ini biasanya bisa Anda temukan di pasar tradisional atau pusat oleh-oleh dengan harga yang sangat terjangkau.

8. Aneka Souvenir Wonogiri

Salah satu kerajinan yang paling banyak diburu ialah souvenir yang terbuat dari akar wangi. Bentuknya pun beragam mulai dari kapal, pesawat, bentuk candi, gantungan kunci, dll.

Itulah Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Wonogiri yang Wajib dibawa Pulang saat ini.

Alam disekitar Indonesia selalu menjadi daya tarik dan minat semua orang, mulai dari masyarakat lokal atau sekitar Indonesia sampai dengan masyarakat macanegara atau dunia. Keindahan alam yang dimiliki oleh Indonesia begitu indah dan beragam yang memang wajar akan selalu diminati para pelancong. Mulai dari danau, laut, bukit, pegunungan, hutan, dan lain sebagainya terdapat di Indonesia.

Dengan kita berwisata di indonesia dan membeli oleh-oleh dari masyarakat lokal yang ada di daerahnya. Kita turut membantu mengangkat perekonomian dan juga keberlangsungan tempat-tempat wisata indah yang ada di indonesia