7 Oleh-oleh Khas Wonosobo yang Wajib dibawa Pulang Saat Ini

Oleh-Oleh Khas Wonosobo

Oleh-oleh Khas Wonosobo – Berliburan menjadi hobi sebagian orang, bisa jadi salah satunya adalah kamu. Berikan kesegaran kembali pikiran yang sesak dan tubuh yang sudah mulai letih merupakan alasan sangat masuk akal dari hal ini. Lalu, bagaimana dengan wisata belanja? Apakah juga menjadi kesenangan kamu?

Dalam Bertamasya kurang afdol apabila tak mencari oleh-oleh khas daerah yang disinggahi. Oleh-oleh yang dibeli kebanyakan berbentuk makanan maupun pernak-pernik. Oleh-oleh itu dibeli untuk dipakai sendiri, digunakan sendiri, atau dikasihkan ke sanak keluarga.

Manjakan Diri dengan Wisata Belanja Oleh-Oleh Khas Wonosobo yang Melegenda

Memanjakan diri bisa dengan beragam cara, kamu yang ketepatan sedang mendapat bonus dari pekerjaan bisa berliburan sembari belanja. Menghabiskan uang bonus dengan membelanjakannya tentu akan membuat suasana hati kembali gembira. Jikalau, tidak mengganggu tabungan dan uang bulanan.

Wisata belanja menjadi salah satu cara buat mengusir kepenatan. Mereka yang gemar sekali terhadap kegiatan ini biasanya yakni para wanita. Meski begitu, kaum lelaki juga banyak juga yang menggilai aktifitas ini.

Membeli beragam perlengkapan yang kadangkala tak diperlukan menjadi seni sendiri dalam Berliburan sambil belanja ini. Tapi, hal ini mungkin hanya terjadi pada mereka yang memiliki sifat shopacholic. Sementara yang lainnya, barang-barang yang dibeli kebanyakan memang memiliki kegunaan tersendiri.

Saat-saat yang paling membahagiakan saat wisata belanja berlangsung ialah saat memilih aneka oleh-oleh atau buah tangan. Menawar dengan harga serendah-rendahnya lalu mendapatkan barang tersebut merupakan sebuah prestasi tersendiri, terkhusus bagi kaum perempuan. Memperoleh barang yang diinginkan dengan harga yang cukup ramah dengan kantong merupakan kepuasan tersendiri.

Memanjakan diri dengan cara yang satu ini memang memerlukan budget khusus. Tidak boleh dicampur dengan kebutuhan buat sehari-hari. Pastinya, supaya setelah pulang dari berwisata, kamu tidak kembali stres memikirkan uang yang habis.

Wisata Belanja Oleh-oleh khas Wonosobo yang Paling Hits

Indonesia memiliki banyak sekali tempat rekreasi. Tempat wisata tersebut tentunya sudah lengkap dengan para pedagang yang menjajakan oleh-oleh atau buah tangan. Salah satu kota tujuan rekreasi yang banyak diminati oleh orang-orang, baik dalam maupun luar negeri ialah Wonosobo.

Di Wonosobo, Anda dapat berwisata belanja sepuasnya. Membeli barang-barang cantik juga unik khas kerajinan tangan warga tentu tidak akan Anda lewatkan.

Berikut Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Wonosobo yang Populer

1.Dendeng Gepuk wonosobo
Dendeng merupakan daging sapi yang dipotong tipis dan lemaknya dibuang, kemudian dibumbui dan dikeringkan. Ini merupakan salah satu makanan yang diawetkan, sehingga sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Apalagi bagi Anda yang datang dari luar kota Wonosobo. Harga produk ini juga tidak mahal walau terbuat dari sapi, berkisar antara Rp.90 ribu hingga Rp.140 ribu.Dendeng gepuk khas Wonosobo ini memiliki cita rasa yang lezat dan cocok dimakan dengan nasi hangat

2. Carica 
Carica ini sudah sangat terkenal dan konon buah ini hanya bisa tumbuh di Wonosobo saja. Tentu saja membuat carica ini menjadi oleh-oleh yang wajib dibawa pulang. Buah ini berbentuk seperti pepaya gunung dan mempunyai rasa yang manis. Biasanya dijual dalam kemasan buahnya yang sudah dipotong-potong.

Carica tersedia dalam kemasan cup kecil dan ada pula dalam bentuk botolan. Buah yang mengandung banyak vitamin satu ini mudah Anda temukan di daerah Wonosobo. Terlebih lagi di tempat-tempat wisata yang akan berjualan buah ini. Harganya bervariasi berdasarkan kemasan dan tempat jualannya, jadi bisa Anda sesuaikan dengan budget yang dimiliki.

3. Terong Belanda wonosobo
kabupaten Wonosobo juga memiliki buah lain yang disebut Terong Belanda. Anda dapat membelinya dalam bentuk utuh tanpa diolah menjadi produk lain. Tetapi, tersedia juga olahan sirup dari terong Tamarillo ini yang sudah terkenal akan khasiatnya bagi kesehatan.

Buah ini memiliki kulit berwarna kemerahan dengan cita rasa asam. Meskipun cenderung asam, tapi bisa dijamin Anda akan tetap menyukainya. Anda bisa menggunakan buah ini untuk membuat jus yang dicampur susu kental manis, sambal goreng, smoothies, atau bahkan membuat kue. Anda bisa mencari banyak resep untuk mengolah buah ini diwebsite resep makanan.

4. Opak Singkong  wonosobo
Anda bisa mencoba membeli opak singkong untuk dijadikan oleh-oleh. Seperti namanya, jajanan renyah ini berasal dari buah singkong yang diolah menjadi opak atau kerupuk. Cara pembuatannya cukup sederhana. Awalnya rebus singkong, dan kemudian tumbuk halus. Selesai ditumbuk, singkong ini akan dibumbui, dicetak, dan dikeringkan dibawah sinar matahari sampai benar-benar kering.

5. Purwaceng 
Tanaman yang berasal dari famili Apiaceae ini biasa diolah menjadi teh atau obat yang bermanfaat bagi kesehatan terutama khasiat afrodisiaknya.

Beberapa manfaat purwaceng bagi tubuh anda, yakni menghilangkan rasa pegal, menghangatkan tubuh, dan bagi para pria produk herbal ini terkenal sebagai obat vitalitas tradisional. Biasanya, tanaman ini diolah menjadi bentuk serbuk lalu dikemas menjadi teh sachet atau obat yang dimasukkan ke dalam botol.

6. Tempe Kemul 
wajib nih untuk mencoba tempe kemul saat ke Wonosobo. Apalagi saat berlibur ke Dieng dengan cuaca yang sangat dingin, sangat nikmat untuk menikmati tempe kemul ini saat masih hangat. Disana akan banyak sekali penjual tempe yang bisa Anda temui. Tempe ini memang sangat enak jika dinikmati dalam keadaan masih panas.

Yang membedakan tempe ini dengan tempe lainnya adalah cita rasanya yang berbeda. Tempe kemul diolah dengan menggunakan bumbu rempah-rempah, sehingga akan memberikan rasa yang lebih enak. Cobalah untuk mencicipi tempe kemul yang memiliki ciri khas ini. Harga jual tempe ini sangat murah, mulai dari 500 rupiah saja.

7. Mie Ongklok 
Di Wonosobo mungkin Anda akan banyak menemui warung warung di pinggiran jalan, di sana banyak yang menjual  Salah satunya yaitu mie ongklokAnda akan merasakan sensasi mie yang disajikan hangatNamun, tidak perlu khawatir jika Anda tidak sempat menikmati mie ini langsung disana. Karena saat ini sudah banyak yang menjual mie ongklok kemasan lengkap dengan kuah dan topingnya. Mie ini mempunyai harga yang sangat terjangkau satu bungkusnya, dan kemasannya pun tidak terlalu berat. Jadi sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh dan mengolahnya di rumah bersama keluarga.

Itulah Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Wonosobo yang Paling Hits saat ini.

Alam disekitar Indonesia selalu menjadi daya tarik dan minat semua orang, mulai dari masyarakat lokal atau sekitar Indonesia sampai dengan masyarakat macanegara atau dunia. Keindahan alam yang dimiliki oleh Indonesia begitu indah dan beragam yang memang wajar akan selalu diminati para pelancong. Mulai dari danau, laut, bukit, pegunungan, hutan, dan lain sebagainya terdapat di Indonesia.

Dengan kita berwisata di indonesia dan membeli oleh-oleh dari masyarakat lokal yang ada di daerahnya. Kita turut membantu mengangkat perekonomian dan juga keberlangsungan tempat-tempat wisata indah yang ada di indonesia