Wisata  

10 Tempat Wisata Di Banyumas Terbaru Yang Lagi Hits 2022

Tempat Wisata Di Banyumas

Tempat Wisata Di Banyumas – Kalian mungkin mengenal Banyumas sebagai Kabupaten yg selalu sibuk di Jawa Tengah, tetapi dataran tinggi hutan, puncak gunung berapi, & budaya mungkin akan menunjukkan betapa indahnya daerah ini. & tentu perpaduan alam menakjubkan Banyumas memberikan pandangan sekilas tentang pariwisata yg dimilikinya.

Purwokerto adalah Ibukota Banyumas yg terkenal sebagai Kota Pendidikan, yg ditandai banyaknya perguruan tinggi Universitas. tetapi aktivitas kota ini di imbangi dgn suasana alamnya yg sejuk.

Para pelancong atau mereka yg ingin mendinginkan pikiran akan senang dgn suguhan alam yg benar-benar berdiri di depan mata di banyak tempat wisata. & destinasi terpopuler di Banyumas ialah Wisata Baturaden.

Atau dari mana saja kalian berkendara, datanglah ke utara Banyumas yg indah di mana terdapat banyak air terjun mengalir. di arah lain, kalian akan menemukan pendakian Gunung Slamet, salah satu puncak tertinggi di Jawa Tegah.

Meski kekayaan alamnya yg mengesankan menjadi alasan kebanyakan wisatawan mengunjungi Banyumas, beberapa rekreasi keluarga di dekat Kota Purwokerto juga menarik dikunjungi.

Daftar Tempat Wisata di Banyumas

Kabupaten Banyumas menawarkan keindahan alam & keseruan, sehingga setiap orang akan menjadi wisatawan bahagia.

Dan berikut rekomendasi dari Kepengenwisata tentang tempat wisata di Banyumas yg lagi hits ;

1. Loka Wisata Baturraden

Daya tarik utama dari Kecamatan Baturaden di Banyumas ialah Loka Wisata Baturraden itu sendiri.

Objek wisata andalan Banyumas ini terletak di lereng sebelah selatan Gunung Slamet. jadi udara sejuk & panorama indah alam di jamin.

Tidak hanya menonjolkan suasana alami pegunungan saja, Loka Wisata Baturraden juga dilengkapi dgn beragam wahana yg seru.

Para wisatawan akan menemukan wahana kolam renang dewasa & anak, & pertunjukan seni musik Calung yg khas asal Banyumas.

Bagi anak remaja yg gemar berfoto dgn obyek unik, mereka akan ceria ketika menjumpai spot ayunan jurang, sepeda tali, & spot kece lainnya.

Bersantai di tepi danau & mencoba permainan sepeda bebek juga menarik dilakukan.

Jika kalian mempunyai stamina yg lebih, tak ada salahnya memeriksa Curug Gumawang setinggi 20 meter yg ada di kawasan ini.

Alamat : Dusun I, Karangmangu, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

Tiket Masuk : Hari biasa Rp. 20.000,- & masa libur Rp. 25.000,- per orang.

Buka : 06.00 – 15.30 Wib.

2. Air Terjun Bayan

Hanya 5 menit dari Small World Baturaden, kalian bisa menemukan Curug Bayan, salah satu air terjun paling indah yg harus kalian lihat saat ke Banyumas.

Air Terjun ini berjarak singkat dari jalan raya di Kawasan Baturaden. alirannya diisi oleh sungai liar dari atasnya & turun ke dalam kolam yg luas.

Semburannya melompat secara stabil bahkan di waktu musim kemarau, karena memang aliran Curug Bayan bersumber dari Gunung Slamet.

Sungai & kolam di air terjun ini sangat menakjubkan, itu karena diwarnai bongkahan batu besar, jadi cukup instagram-able utk latar berfoto.

Kolam di Curug Bayan sangat jernih dgn kedalaman bervariasi namun aman utk keluarga, suasana pepohonan sekitar juga sangat lebat menjadikannya pemandangan yg sehat utk mata.

Wisata Curug Bayan di Baturaden juga dilengkapi dgn penginapan susun di tepi sungai, cukup romantis utk pasangan & menenangkan bagi rombongan keluarga.

Baca Juga:  5 Tempat Wisata di Calang Aceh Jaya Rekomendasi Terbaik

Lokasi : Dusun II, Ketenger, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

Tiket Masuk : Rp. 10.000,-

Buka : 07.00 – 17.00 Wib.

3. Small World Baturaden

Untuk pertama kali ke Banyumas, kalian bisa memulai ekspedisi ke objek wisata paling hits di daerah ini. & Small World di Baturaden adalah tujuan yg menarik.

Wisata kekinian di Banyumas ini dikelilingi oleh bukit hutan yg memesona & cocok bagi kalian yg ingin healing di akhir pekan.

Selain pemandangannya yg indah, New Small World Baturaden juga menghadirkan banyak desain spot foto yg unik, jalur pejalan yg nyaman, & area bermain anak yg menghibur.

Spot selfie di Small World Baturraden cukup beragam, dari yg bertema bangunan miniatur Dunia hingga rumah adat Indonesia.

Ada juga spot foto tema suasana khas jepang, lengkap dgn penyewaan baju kimono.

Entah kalian ingin berfoto sendiri utk koleksi media sosial ataupun dgn menyewa jasa potret prewweding, New Small World akan membuat kalian selalu tersenyum bahagia.

Lokasi : Jl. Raya Baturaden Barat No. 270, Karangmangu, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Tiket : Rp. 20.000,- saat weekday & Rp. 25.000,- waktu weekend, & diskon Rp. 10.000,- bagi anak-anak.

Buka : 08.00 – 16.00 Wib.

4. Air Panas Pancuran Telu

Wisata Baturraden tak hanya tentang keseruan keluarga saja, namun juga perihal relaksasi tubuh. tak jauh dari wahana keluarga terdapat Air Panas Pancuran Telu.

Merupakan pemandian paling menyehatkan di dekat Lokawisata Baturaden, pengunjung perlu berjalan kaki sekitar 500 meter lebih utk mencapai Air Panas Pancuran Telu.

Menariknya, Air Panas Pancuran Telu juga menjadi gerbang utk trekking menuju ke Pancuran Pitu, dgn berjalan kaki melewati Kawasan Hutan Perhutani. trekking ini panjangnya sekitar 2,5 kilometer.

Alamat : Ketenger, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

Harga Tiket : Rp. 25.000,- atau sudah satu paket dgn Loka Wisata Baturaden.

Buka : 07.00 – 18.00 Wib.

5. The Village Purwokerto

Bagi kalian yg mengira Desa kecil Eropa hanya ada di Inggris, Belanda maupun Venesia Italia, maka pikirkan lagi.

Karena Banyumas mempunyai taman hiburan bergaya pedesaan Benua Eropa seluas 2,8 hektar bernama The Village Purwokerto.

Perjalanan sehari ke wisata The Village Purwokerto membuat kalian menikmati pengalaman pedesaan Eropa sepenuhnya.

Bertemu & berbaur dgn semua karakter favorite kalian, banyak sekali wahana permainan, & bangunan mirip kastil berukuran besar juga.

Betapa menariknya, The Village di Purwokerto mempunyai danau & sungai di tengahnya & ada wahana air bertema sungai pedesaan utk membuat seluruh keluarga tertawa bahagia.

Nikmati semua jalur kanal dgn menyewa perahu maupun paddle boat, atau memilih kegiatan kering di penangkaran burung yg edukatif bagi anak.

Aktivitas kering yg seru lain termasuk keliling dgn kereta mini atau memilih santai nongkrong di kafe.

Hal menarik lain bahwa The Village Banyumas berjarak hanya 7 kilometer atau membutuhkan waktu perjalanan sekitar 13 menit dari Lokawisata Baturaden.

Alamat : Dusun I, Desa Rempoah, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas.

Baca Juga:  5 Tempat Wisata Cirebon Dekat Stasiun, Paling Hits Di Tahun 2022!

Tiket : Rp. 25.000,-

Buka : 10.00 – 21.00 Wib. & tutup hari Selasa.

6. Air Terjun Jenggala

Dengan ketinggian 30 meter, Air Terjun Jenggala di Objek Wisata Kalipagu di Baturraden telah disebut sebagai salah satu air terjun paling menakjubkan di Banyumas, sejak di populerkan pada tahun 2016 lalu.

Air Terjun Jenggala telah menjadi tujuan favorite para anak remaja selama hari libur, & sebuah dek berbentuk hati yg cantik dibangun di depan air terjun.

Berfoto di spot selfie tersebut sangat instagramable jika kalian ingin mengakhiri hari tamasya dgn kenangan indah.

Di sekitar air terjun ini juga penuh dgn pemandangan segar & jalur hiking yg akan membawa wisatawan ke area pemandangan terbaik utk beberapa air terjun tersembunyi.

Di antara air terjun lain yg bisa kalian lihat seperti Curug Muntu, Cipokol, Curug Penganten, hingga Kamadjaya yg jaraknya kurang dari 1 kilometer.

Tersedia pula penginapan di dekatnya yg bisa di sewa, jika kalian ingin berlibur dgn kemewahan.

Lokasi : Jl. Cendana Sari, Dusun Kalipagu, Desa Ketenger, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Tiket Masuk : Rp. 10.000,- per orang.

Buka : 07.00 – 17.00 Wib.

7. Caping Park

Sangat cocok utk menikmati bukit selama perjalanan ke Baturaden di Banyumas, kalian dapat mengunjungi beberapa tujuan wisata dgn tema berbeda & salah satunya Caping Park yg mendidik keluarga.

Caping Park mempunyai edutainment farming, & tentu keluarga dapat berinteraksi dgn bebek, ayam, kambing, angsa, burung kakatua, hingga menikmati pemandangan pertanian yg hijau subur.

Wisata Caping Park terletak hanya 20 menit dari pusat Kota Purwokerto, tepatnya berada di Kawasan Bukit Rejuna atau kaki Gunung Slamet, & merupakan salah satu perjalanan wisata yg paling mudah utk dikoordinasikan dgn keluarga.

Tidak diragukan lagi, sorotan utama Caping Park Baturaden adalah gardu pandang kaca yg mendebarkan, atau populer disebut jembatan kaca.

Wahana foto yg sangat menantang & mengesankan, kalian tak perlu menanam ketakutan yg berlebih karena gardu kaca ini sangat tebal & kokoh.

Selain itu, di Caping Park Baturraden kalian akan menemukan spot jembatan anjasmara yg merah merona, hingga taman bunga dgn banyak jalur hiking.

Juga mempunyai amphiteater alam, atau panggung alam utk pertunjukan seni di ruangan terbuka.

Alamat : Dusun II, Kebumen, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

Tiket : Rp. 20.000,- di hari biasa & Rp. 25.000,- saat akhir pekan.

Buka : 08.00 – 18.00 Wib.

8. Pendakian Gunung Slamet

Sebuah pengalaman yg membanggakan bagi para pendaki bisa menaiki Gunung Slamet, karena merupakan puncak yg paling megah di Jawa Tengah.

Puncak Gunung Slamet, pada ketinggian 3.428 meter di atas permukaan laut adalah titik tertinggi di Pulau Jawa. tetapi utk mencapainya, pertama-tama kalian harus menaklukkan punggung bukit lereng.

Pada jaman dahulu, gerombolan pendaki gunung lokal baru mulai menjelajahi lereng & menetapkan rute pendakian melalui daerah-daerah yg dianggap sulit pada saat itu. saat ini, sekitar 6 rute pendakian & puluhan pos resmi yg mapan mengelilingi Gunung Slamet.

Dan di antara rute pendakian yg bisa kalian manfaatkan ialah Bambangan Purbalingga, jalur Kaliwadas Brebes, Dipajaya Pemalang, Cemara Sakti Pemalang, wisata Guci di Tegal, & melalui Loka Wisata Baturaden dgn durasi pendakian menuju puncak sekitar 12 jam.

Baca Juga:  5 Tempat Wisata di Blangpidie Aceh Barat Daya yang Lagi Hits

Alamat : Terletak di Area utara Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Tiket : Biaya pendakian Rp. 25.000,-

Buka : 24 Jam.

9. Telaga Sunyi

Telaga Sunyi adalah laguna tersembunyi di Kawasan Wisata Baturaden dgn warna air yg luar biasa, & harus dikunjungi utk semua pencari petualangan & pecinta alam.

Telaga Sunyi di Banyumas mempunyai kedalaman kira-kira 5 meter, airnya dipasok oleh mata air Gunung Slamet yg melintasi bukit Hutan Limpakuwus. sehingga airnya sangat jernih kebiruan.

Orang-orang yg berkunjung ke telaga atau danau kecil ini biasanya menyelam sambil berfoto di dalam kolam air, & hasil gambarnya banyak yg viral di jejaring media sosial.

Wisata alam tersembunyi di Banyumas ini jaraknya sekitar 3 kilometer saja dari Lokawisata Baturaden, atau membutuhkan waktu sekitar 15 menit utk mencapainya.

Alamat : Area Hutan, Limpakuwus, Sumbang, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah.

Tiket : Rp. 15.000,-

Buka : 07.00 – 17.00 Wib.

10. Hutan Pinus Limpakuwus

Jika kalian menyukai bermalam di Glamping maka kalian akan menyukai Hutan Pinus Limpakuwus.

Sejujurnya, bahkan jika berjalan di hutan adalah kegiatan yg paling tak kalian sukai, kalian akan tetap terpesona oleh penampilan Wisata Alam Hutan Pinus Limpakuwus.

Tidak hanya dikelilingi oleh pegunungan terjal yg menyembunyikan ragam flora & fauna di dalamnya, Hutan Pinus Limpakuwus juga mempunyai beragam tenda kemping, glamping mewah, serta cottage yg nyaman.

Di sini juga kalian akan dapat mengamati puluhan spot foto, masing-masing mempunyai bentuk & warna yg berbeda.

Wahana mountain slide, yakni meluncur dari atas ketinggian bukit di alam terbuka adalah permainan terbaru yg cukup disukai wisatawan ketika berlibur di Hutan Pinus Limpakuwus.

Sedangkan anak-anak akan bersemangat ketika menjumpai banyak playground di dekatnya.

Hutan Pinus Limpakuwus Banyumas juga menjadi salah satu taman paling mengesankan bagi orang tua, terkenal karena tampilan pepohonannya yg lebat, & banyak jalur hiking serta tempat bersantai yg nyaman.

Tertarik utk bermalam di Hutan Pinus Limpakuwus? sewa cottage di sini cukup terjangkau, harga per malam mulai dari 350 ribu rupiah.

Sedangkan utk sewa camp area, kalian hanya perlu merogoh biaya 40 ribu rupiah saja.

Alamat : Desa Limpakuwus, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah.

Tiket : Weekend Rp. 20.000,- & weekday Rp. 15.000,-

Biaya wahana : Flying fox Rp. 20.000,- per orang, mountain slide Rp. 15.000,- kemudian paint ball Rp. 50.000,- & sewa ATV Rp. 10.000,- serta playground anak Rp. 15.000,-

Buka : 07.00 – 17.00 Wib.

Itulah beberapa Tempat Wisata Di Banyumas Terbaru Yang Lagi Hits 2022 Untuk Liburan Keluarga, semoga bermanfaat