7 Destinasi Wisata Air Pacitan, Main Air Jadi Memuaskan!

Destinasi Wisata Air Pacitan

Mau berlibur di Pacitan? Atau sedang mencari tempat wisata di pacitan? Jika memang demikian, artikel ini cocok sekali buat Anda, sebab tulisan ini akan menyajikan daftar destinasi wisata air Pacitan. Rutenya lewat mana, berapa tiket masuknya, mau tahu? Yuk simak artikel ini sampai rampung.

Pacitan merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Timur, dari Jogja, kurang lebih memakan waktu sekitar 2,5 jam. Pacitan sendiri memiliki beragam destinasi wisata, salah satunya adalah wisata air, bukan hanya di Pantai saja, namun juga ada pemandian, kolam, dan destinasi lainnya yang masih berhubungan dengan air. Lalu apa saja itu? Yuk simak daftarnya.

Berikut adalah daftar tujuan wisata air di Pacitan.

Kali Barong Pacitan

Mulai dari Kali Barong Pacitan, lokasinya berada di Dusun Barong Wetan, Desa Candi, kecamatan Pringkuku. Cukup mudah menemukannya, dan jika sudah sampai sana, pertanyaannya adalah, berapa tiket masuknya?

Tiket masuk Kali Barong Pacitan, setidaknya sampai artikel ini ditulis, masih belum dipungut, jadi tidak ada biaya tiket masuk yang dikeluarkan.

Jika Anda pergi ke Kali Barong Pacitan, maka Anda bisa menjajal untuk naik perahu mancung, yang bisa memuat 3 orang. Dengan menggunakan perahu tersebut, Anda bisa mulai berpetualang menyusuri Kali Barong. Ingat, sebelum naik perahu, pastikan Anda menggenakan pelampung dengan baik, jangan disepelekan ini, demi keselamatan!

Selain wisata dayung, kompleks Kali Barong juga cocok dijadikan tempat outbond. Suasana disekitar Kali Barong sendiri masih didominasi suasana hijau, suasana alam yang asik, airnya juga berwarna kebiruan, asiklah, giman, Anda mau coba ke Kali Barong?

Pancer Door Surfing Spot

Selanjutnya, ada pantai Pancer Door Surfing Spot, nah, kali ini cocok buat Anda yang suka surfing, atau sedang memburu ombak. Anda bisa surf disini sampai dengan 2 menit, wow!

Oke, gak mau surfing, karena belum bisa, lalu mau jalan-jalan saja di pantai? Boleh juga kok, apalagi garis pantainya cukup panjang, enak gitu. Coba deh.

Cocok juga lho buat ngabisin waktu lihat sunset. Top! Untuk bisa ke pantai Panter Door Surfing Spot, cukup mudah, cukup cari saja di Google Map Panter Door Surfing Spot, dimana pantai ini terletak di dusun Kebon, Desa Ploso, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan.

Baca Juga:  7 Oleh-oleh Khas Pacitan yang Paling Hits Saat Ini

Untuk memasukin kawasan pantai Panter Door Surfing Spot, Anda bakalan dikenakan tiket sebesar Rp 4.000,- per orang, jadi tinggal hitung saja.

Sentono Gentong atau Mandi angin Pacitan

Tujuan wisata berikutnya di Pacitan, yang tak kalah keren tentunya, adalah Mandi Angin Pacitan, dimana sekarang namanya berubah menjadi Sentono Gentong.

Sebelum lebih jauh membahas tentang Sentono Gentong, satu hal yang perlu diketahui adalah, ini bukan merupakan pantai, sungai atau kolam, melainkan semacam bukit, dimana dari sini Anda bisa melihat teluk Pacitan dengan jelas melengkung indah.

Selain melihat shape teluk Pacitan dengan jelas, Anda juga menikmati sunrise yang indah, sembari melihat teluk Pacitan. Rute ke Senotono Gentong terbilang cukup menantang, jika Anda menggunakan mobil, maka harus hati-hati, sebab jalannya hanya cukup dilewati 1 mobil saja, jadi harus gantian.

Untuk memasuki kawasan Sentono Gentong, maka Anda akan diminta untuk membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000,- per orang. Oh ya, apabila Anda kesini, pastikan Anda membawa jaket, sebab angginya banyak, biar tidak kedinginan.

Air Terjun Tluvalley

Obyek wisata berikutnya adalah Air terjun Tluvalley yang terletak di Dusun Kerok Wetan, Desa Candi, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan. Beberapa wisatawan yang pernah singgah di Air terjun Tluvalley mengatakan bahwa, obyek wisata ini masih asri, alami, sepi dan belum dijamah oleh pengelola.

Karena Air terjun Tluvalley masih asri dan alami, area air terjunnya masih terbilang alami, jalannya cukup curam, jadi jika ingin main-main disekitaran air terjun, sebaiknya hati-hati ya. Datang ke Air terjun Tluvalley saat musim kemarau sepertinya kurang pas, sebab arus dan airnya surut. Namun, apabila Anda lebih suka main saat musim kemarau tiba, tentu hal ini bukan masalah besar.

Kabarnya, nama Air terjun Tluvalley diambil dari 2 kata, bahasa Jawa dan bahasa Inggris. Dalam bahasa Jawa, Telu yang kemudian jadi Tlu, yang berarti 3 dalam bahasa Indonesia, kemudian Valley dari bahasa Inggris yang berarti lembah.

Baca Juga:  Jelajah Wisata di Kudus yang Lagi Hits dan Keren

Untuk tiket masuk ke Air terjun Tluvalley, sampai dengan artikel ini ditulis, belum ada, bisa dibilang free. Walaupun Free, Anda tetap harus mengeluarkan kocek untuk biaya parkir, jalan dari parkir ke tempat air terjunnya belum di aspal, walaupun begitu, masih oke kok.

Jika Anda main ke Air terjun Tluvalley, jangan lupa untuk membawa kamera dengan bateri full, sebab pemandangannya sangat oke, dan Anda juga bisa mengambil foto disekiataran air terjun, namun tetap hati-hati, jangan sampai kamera kesayangan Anda terkena air ya.

Selain kamera, sebaiknya Anda juga membawa baju ganti, sebab kondisi Air terjun Tluvalley ini oke banget, warnya biru tosca, dan sangat segar, so gak ada salahnya mencoba asiknya main air disana.

Taman pancer Dorr

Obyek wisata air Pacitan berikutnya adalah Taman pancer Dorr yang berlokasi di Dusun Temon, Desa Ploso, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan. Untuk masuk ke Taman Pancer Dorr, maka Anda cukup membayar tiket retribusi seharga Rp 5.000,- saja.

Taman Pancer Dorr sebenarnya masih berada di kawasan Pantai Pancerdorr yang luas banget. Disana, terdapat banyak gazebo yang tersedia secara gratis, lokasi gazebonya tak jauh dari bibir pantai, cocok banget buat kongkow. Selain gazebo, disana juga bnyak tersedia ayunan atau hammock yang gratis, dengan syarat, Anda harus membeli jajanan atau makanan minuman yang ada di warung atau di kawasan pantai.

Oh ya, jika Anda bermain air, ingat bahwa pantai yang ada di Taman Pancer Door merupakan pantai selatan, ombaknya besar, jadi Anda harus hati-hati, dan pastikan menggunakan pelampung. Taman Pancer Dorr juga cocok dijadikan sebagai obyek foto maupun video, banyak tempat yang instagramable.

Pemandian air panas Brungkah

Obyek wisata air ke enam kali ini adalah Pemandian air panas Brungkah, yap, disini Anda bisa bermain air hangat, berendam air hangat. Lantas dimana lokasinya?

Lokasinya cukup gampang ditemukan, berada di Dusun Brungkan, Desa Karangrejo, Kecamatan Arjosari, Kabupaten Pacitan. Untuk dapat masuk ke area pemandian, maka Anda harus membayar tiket retribusi sebesar Rp 15.000,- untuk dewasa, dan anak Rp 5.000,- (ketika artikel ini ditulis).

Baca Juga:  5 Tempat Wisata di Jantho Aceh Besar yang Paling Hits

Bukan rahasia lagi, bahwa mandi air hangat memberikan banyak manfaat, salah satu diantaranya adalah menghilangkan pegel-pegel dan lelah. Jadi, pergi ke Pemandian air panas Brungkah bukan hanya sekedar wisata saja, namun juga memberikan relaksasi pada badan, cocok banget untuk melepas capek.

Grojogan Dhuwur

Destinasi wisata berikutnya yang cocok untuk main air adalah Grojokan Dhuwur, lokasinya terletak di Dusun Kerok Kulon, Desa Candi, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan. Harus jujur, setidaknya sampai artikel ini ditulis, Grojokan Dhuwur merupakan tujuan wisata yang cocok untuk para petualang, sebab tempat ini belum banyak dikunjungi orang, jadi pastinya sangat alami.

Bayangkan, dari parkiran, atau dari mobil berhenti saja, menuju sampai lokasi Grojokan Dhuwur, masih harus jalan lagi, melewati sungai kecil, jalan berbatuan dan tantangan lainnya. Namun, apabila Anda sudah sampai lokasinya, sudah sampai Grojokan Dhuwur, pasti akan terbayarkan dengan pemandangan, sensasi dan ke-asrian-nya.

Jangn lupa untuk membawa kamera, karena sepertinya bakalan banyak obyek menarik dan indah yang bagus untuk dijepret. Walaupun sepertinya Grojokan Dhuwur belum disentuh dengan baik, namun rupanya sudah ada retribusi yang dipungut, ketika artikel ini ditulis, besarannya adalah Rp 5.000,- per tiket, per orang.

Penutup

Kira-kira dari 7 destinasi wisata air yang sudah disebutkan tadi, manakah yang pertama kali akan Anda kunjungi?
Apabila Anda suka dengan artikel ini, atau bahakn memperoleh manfaat dan insight dari sini, jangan sungkan untuk membagikannya ke media sosial, supaya lebih banyak orang yang mendapatkan manfaat.

Nah itu tadi 7 tujuan wisata air di Pacitan, ingat, jangan lupa untuk membawa ganti, karena mungkin Anda akan basah, sekian dan selamat liburan di Pacitan!