Oleh-Oleh Khas Sintang

15 Oleh-oleh Khas Sintang yang Wajib dibawa Pulang Saat Ini

Posted on

Oleh-oleh Khas Sintang – Berliburan menjadi kegeraman sebagian orang, bisa jadi salah satunya yakni kamu. Memberi kesegaran kembali pikiran yang pengap serta tubuh yang sudah mulai capek yakni alasan paling logis dari hal ini. Lalu, bagaimana dengan wisata belanja? Apakah juga menjadi kesenangan Anda?

Dalam Berwisata kurang afdol jika tak mencari oleh-oleh khas daerah yang disinggahi. Oleh-oleh yang dibeli umumnya berupa makanan maupun pernak-pernik. Oleh-oleh tersebut dibeli untuk disantap sendiri, digunakan sendiri, atau dibagi ke sanak keluarga.

Manjakan Diri dengan Wisata Belanja Oleh-Oleh Khas Sintang yang Paling Hits

Memanjakan diri dapat dengan berbagai cara, Anda yang kebetulan sedang mendapatkan bonus dari pekerjaan bisa bertamasya sembari berbelanja. Menghabiskan uang bonus dengan membelanjakannya pasti akan membuat suasana hati kembali gembira. Asalkan, tidak mengganggu tabungan dan uang bulanan.

Wisata belanja menjadi salah satu cara untuk menyingkirkan kepenatan. Mereka yang gemar sekali pada kegiatan ini biasanya adalah para wanita. Walaupun begitu, kaum pria juga banyak juga yang menggilai kegiatan ini.

Membeli bermacam perlengkapan yang kadang tidak dibutuhkan menjadi seni sendiri dalam Berwisata sembari belanja ini. Namun, hal tersebut mungkin hanya terjadi pada mereka yang memiliki sifat shopacholic. Sementara yang lainnya, barang-barang yang dibeli kebanyakan memang punya manfaat tersendiri.

Saat-saat yang paling membahagiakan saat wisata belanja berlangsung ialah saat memilih aneka oleh-oleh atau buah tangan. Menawar dengan harga serendah-rendahnya lalu memperoleh barang tersebut merupakan sebuah prestasi tersendiri, terkhusus bagi kaum perempuan. Memperoleh barang yang diinginkan dengan harga yang cukup ramah dengan kantong merupakan kepuasan tersendiri.

Memanjakan diri dengan cara yang satu ini memang membutuhkan budget khusus. Jangan dicampur dengan kebutuhan buat sehari-hari. Sudah pasti, agar habis pulang dari berwisata, Anda tidak kembali stres memikirkan uang yang habis.

Wisata Belanja Oleh-oleh khas Sintang yang Wajib dibawa Pulang

Indonesia punya banyak sekali tempat wisata. Tempat rekreasi tersebut tentunya sudah lengkap dengan para pedagang yang menjajakan oleh-oleh atau buah tangan. Salah satu kota tujuan liburan yang banyak diminati oleh warga, baik dalam maupun luar negeri adalah Sintang.

Di Sintang, kamu dapat berwisata belanja sepuasnya. Membeli barang-barang cantik juga unik khas kerajinan tangan warga pasti tak akan kamu lewatkan. Harganya yang murah serta bentuknya yang unik adalah kekuatan yang dimiliki oleh barang-barang khas Sintang.

Berikut Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Sintang yang Melegenda

– Keripik Ubi Ungu

Ubi ungu sendiri termasuk tanaman yang mengandung gizi melimpah dan baik bagi kesehatan. Dengan kata lain, Anda tidak hanya mendapatkan kelezatannya semata ketika menyantapnya. Namun juga bisa mendapatkan khasiatnya terutama jika dikonsumsi secara rutin setiap harinya. Keripik ubi ungu khas Sintang sangat berbeda dengan keripik di daerah lainnya.

Pasalnya keripik berbentuk stik ini diolah menggunakan ubi ungu yang dicampurkan dengan aneka rempah, hingga menghasilkan cita rasa gurih dan manis ketika mencicipinya. Bahkan kelezatan ubi ungu tanpa diolah pun sudah cukup membuat siapapun dibuat ketagihan dibuatnya. Sehingga tidak perlu heran jika kuliner satu ini begitu laris di pasaran.

– Kolam Selai Asam Maram

Baca Juga:  7 Oleh-oleh Khas Banyuwangi yang Populer Saat Ini

Ketika pertama kali mendengar namanya, mungkin Anda sudah bisa membayangkan kelezatan rasa dari jajanan yang disiram dengan selai asam maram terasa luber di dalam mulut. Tampaknya bayangan Anda tidaklah salah, pasalnya kue khas dari Sintang ini memang begitu nikmat karena melimpahnya selai asam maram yang menghiasi bagian tengah kuenya.

– Pernak-Pernik

agi Anda yang menyukai kerajinan tangan yang khas pada daerah tertentu, maka saat berada di Sintang, Anda pun bisa membelinya. Hal ini dikarenakan ada berbagai macam gelang yang sangat unik dan etnik bisa Anda dapatkan disini. Sepanjang perjalanan, terutama di sekitar pusat oleh-oleh Anda akan menemukan banyak pedagang yang menjual pernak pernik tersebut.

– Tas Produk Lokal

aat berada di Sintang, Anda pun tidak perlu bingung untuk memberikan buah tangan bagi keluarga maupun kerabat yang ada di rumah. Hal ini dikarenakan banyak sekali produk produk handmade yang bisa Anda berikan sebagai oleh-oleh. Diantaranya adalah tas handmade produk lokal yang sangat unik.

Produk satu ini menjadi incaran para wisatawan karena Anda tidak akan menemuinya di tempat lain. Oleh karena itu, dapat menjadi buah tangan yang sangat pas untuk keluarga di rumah. Bagi Anda yang ingin mencarinya, maka Anda pun bisa dengan mudah untuk menemukannya di toko atau pusat oleh-oleh di daerah Sintang.

– Ceriping Ketela

Banyaknya ketela yang diproduksi di kota ini membuat masyarakat sekitar mengolahnya sebagai ceriping. Makanan khas satu ini memiliki rasa yang manis bercampur dengan pedas yang sangat gurih. Camilan satu ini pun juga sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh untuk Anda yang kebetulan sedang berkunjung ke daerah satu ini.

– Snack Talas Asen

Snack Talas Asen. Makanan satu ini memiliki ciri khas yakni rasanya yang gurih dan asin. Sehingga, ketika Anda mengkonsumsi makanan ini pun akan langsung membuat Anda ketagihan dan tak henti mencobanya.

Selain itu, camilan yang terbuat dari bahan alami tersebut tentunya sangat aman untuk dikonsumsi. Ditambah lagi dengan bahan alami yang terkandung di dalamnya, Anda pun tak perlu khawatir lagi akan kandungan gizinya.

– Makaroni

makaroni khas Sintang yang memiliki rasa yang enak. Perpaduan dari rasa makarono yang pedas dan manis ini pastinya akan membuat Anda menjadi ketagihan.

Selain itu, untuk tingkat kerenyahan sendiri pun sangat pas. Sehingga, Anda akan ketagihan saat pertama kali mencobanya. Untuk Anda yang ingin mencari oleh-oleh khas Sintang yang bisa bertahan dalam waktu yang lama, maka makaroni satu ini adalah pilihan yang tepat. Pasalnya, cemilan ini bisa bertahan hingga berbulan bulan maupun bertahun tahun.

– Kue Jimut

Jimut merupakan camilan khas suku Dayak Mualang di daerah Belitung Kabupaten Sekadau. Bahan dasar kue jimut adalah tepung terigu. Tak heran jika citarasa yang dihasilkan benar-benar lezat, manis dan memiliki tekstur yang lembut.
Rasa manis jimut berasal dari isiannya berupa gula merah. Saat pertama kali menggigit, Anda akan merasakan manis dari gula dan lembutnya tekstur kue.

– Udang singgang

Udang singgang adalah makanan khas Sekadau berupa lauk pauk yang menjadi kegemaran di zaman dulu. Cara memasaknya cukup sederhana. Pertama, udang sungai diberi garam (bumbu yang digunakan cukup garam saja karena udang sungai yang ada di perairan berau sudah lezat dan gurih). Kedua, rebus udang dengan sedikit air. Terakhir, tunggu sampai masak dan nikmati lauk ini.

Baca Juga:  8 Oleh-oleh Khas Mojokerto yang Melegenda Saat Ini

– Tumpi udang

Tumpi udang adalah makanan khas Sekadau berupa sayuran dan terkadang bisa juga sebagai lauk pauk. Cara membuat tumpi udang adalah kepal udang ditumbuk dengan parutan kelapa. Selanjutnya beri bumbu bawang merah, bawang putih dan kunyit.

– Talinga sagayi

Dari segi bahasa talinga sagayi berarti kuping dayak (yang panjang). Bahan dasar kue talinga sagayi mirip dengan kue cincin yang biasa dijumpai di pasar. Sementara itu bentuknya menyerupai angka delapan.alinga sagayi terbuat dari tepung dan gula merah yang diaduk hingga rata dan kemudian digoreng. Kue talinga sagai sangat cocok untuk Anda yang menyukai camilan manis dan renyah.

Keunikan dari kue jenis ini adalah prosses pembuatannya di abadikan dalam sebuah lagu yang berjudul ‘Talinga Sagai’ tapi liriknya berbahasa berau asli

– Ce Hun Tiao

Ce hun tiao/ce hun tiaw juga disebut es campur. Isinya terdiri dari cincau dipotong dadu kecil-kecil, jelly bening panjang, kacang merah, ketan hitam dan sepotong bongko. Bongko sendiri merupakan kue hijau yang warna hijau tersebut diperoleh dari daun suji atau pandan.

Semua bahan-bahan tadi dicampur dengan cara saling ditumpuk dan bagian paling atas diberi es serut kemudian disiram kuah santan encer. Ce hun tiao/ce hun tiaw banyak ditemukan di pinggir jalan.

– Es krim angi

Perbedaan dengan es krim lainnya adalah, es krim angi disajikan pada batok kelapa muda/batok degan lengkap dengan jelly panjang seperti mie dan kacang merah.

Citarasa khas yang ditawarkan adalah segar, manis, dan gurih. Sama dengan es krim pada umumnya, es krim angi juga mempunyai beberapa varian rasa

– Kerupuk Kulit Ikan Basah

Jenis kuliner satu ini sangat sayang untuk Anda lewatkan begitu saja, karena Anda akan jarang untuk menemukannya ketika berada di kota lain. Ditambah lagi, kandungan gizi dan vitaminnya yang melimpah, sehingga sangat pas untuk dijadikan buah tangan untuk keluarga di rumah.

Itulah Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Sintang yang Wajib dibawa Pulang saat ini.

Alam disekitar Indonesia selalu menjadi daya tarik dan minat semua orang, mulai dari masyarakat lokal atau sekitar Indonesia sampai dengan masyarakat macanegara atau dunia. Keindahan alam yang dimiliki oleh Indonesia begitu indah dan beragam yang memang wajar akan selalu diminati para pelancong. Mulai dari danau, laut, bukit, pegunungan, hutan, dan lain sebagainya terdapat di Indonesia.

Dengan kita berwisata di indonesia dan membeli oleh-oleh dari masyarakat lokal yang ada di daerahnya. Kita turut membantu mengangkat perekonomian dan juga keberlangsungan tempat-tempat wisata indah yang ada di indonesia

Fulltime Blogger yang senang membagikan informasi pada semua orang