8 Oleh-oleh Khas Kudus yang Paling Hits Saat Ini

Oleh-Oleh Khas Kudus

Oleh-oleh Khas Kudus – Berwisata menjadi kegeraman sebagian orang, bisa jadi salah satunya yakni kamu. Berikan kesegaran kembali pikiran yang sumpek serta badan yang sudah mulai penat ialah alasan sangat logis dari hal ini. Lalu, bagaimana dengan wisata belanja? Apakah juga menjadi kesenangan kamu?

Dalam Berwisata kurang afdol bila tidak mencari oleh-oleh khas daerah yang didatangi. Oleh-oleh yang dibeli kebanyakan berupa kuliner atau pernak-pernik. Oleh-oleh itu dibeli untuk disantap sendiri, digunakan sendiri, ataupun diberikan ke sanak keluarga.

Manjakan Diri dengan Wisata Belanja Oleh-Oleh Khas Kudus yang Paling Hits

Memanjakan diri bisa dengan berbagai cara, kamu yang kebetulan sedang mendapat bonus dari pekerjaan bisa berliburan sambil belanja. Menghabiskan uang bonus dengan membelanjakannya tentu akan membuat suasana hati kembali riang. Apabila, tidak mengganggu tabungan dan uang bulanan.

Wisata belanja menjadi salah satu cara buat menyingkirkan kepenatan. Mereka yang senang sekali terhadap aktifitas ini biasanya yakni para wanita. Walaupun begitu, kaum lelaki juga banyak pula yang menyukai aktifitas ini.

Membeli beragam perlengkapan yang kadang tak dibutuhkan menjadi seni sendiri dalam Berliburan sembari belanja ini. Tapi, hal tersebut mungkin hanya terjadi pada mereka yang mempunyai sifat shopacholic. Sementara yang lainnya, barang-barang yang dibeli biasanya memang mempunyai manfaat tersendiri.

Saat-saat yang sangat membahagiakan saat wisata belanja berlangsung adalah saat memilih aneka oleh-oleh atau buah tangan. Menawar dengan harga serendah-rendahnya lalu mendapatkan barang tersebut merupakan sebuah prestasi tersendiri, khususnya untuk kaum perempuan. Mendapatkan barang yang diinginkan dengan harga yang cukup bersahabat dengan kantong merupakan kepuasan tersendiri.

Memanjakan diri dengan cara yang satu ini memang membutuhkan budget khusus. Jangan dicampur dengan kebutuhan buat sehari-hari. Tentu saja, biar setelah pulang dari berwisata, kamu tidak kembali stres memikirkan uang yang habis.

Baca Juga:  7 Oleh-oleh Khas Kota Cimahi yang Paling Hits Saat Ini

Wisata Belanja Oleh-oleh di Kudus yang Melegenda

Indonesia punya banyak sekali tempat rekreasi. Obyek wisata tersebut pastinya sudah lengkap dengan para pedagang yang menjajakan oleh-oleh atau buah tangan. Salah satu kota tujuan rekreasi yang banyak diminati oleh orang-orang, baik dalam maupun luar negeri ialah Kudus.

Di Kudus, Anda bisa berwisata belanja sepuasnya. Membeli barang-barang cantik juga unik khas kerajinan tangan warga tentu tidak akan kamu lewatkan. Harganya yang murah serta bentuknya yang unik adalah kekuatan yang dimiliki oleh barang-barang khas Kudus.

Berikut Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Kudus yang Favorit

1. Getuk Nyimut Kajar kudus
Gethuk nyimut sendiri menjadi favorit makanan bagi para pesepeda yang melewati daerah Muria di Minggu pagi. Belakangan gehtuk ini telah diolah menjadi makanan yang berkelas an lebih kekinian. Anda bisa langsung cek di instagram Kang Singkong yang menjadikan gethuk naik kelas. Gethuk nyimut juga seringkali dijumpai di Desa Kajar,Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus.

2. Jenang Kudus

Daftar rekomendasi Oleh-oleh khas Kudus yang wajib Anda beli ketika berkunjung ke Kota Kretek Jawa Tengah.Membawa oleh-oleh tentunya dalah hal yang selalu ditunggu tunggu oleh keluarga atau kerabat di rumah setelah berjalan jalan. Akan aneh rasanya jika pulang ke kampung halaman tanpa membawa oleh-oleh. Nah jika Anda sedang berkunjung ke Kudus Anda bisa membeli beberapa buah tangan yang cocok untuk disantap bersama dengan keluarga. Yuk simak oleh-oleh khas Kudus yang wajib Anda coba.

3. Madu mongso kudus
Jenang Kudus adalah adanya rasa sedikit asam bercampur manis yang berasal dari ketan hitam sebagai bahan dasarnya. Rasa asam itu didapatkan dari fermentasi ketan sehingga hampir ada rasa asam seperti tape di dalam ciri khas madu mongso yang kita cicipi.

Selain itu madu mongso mempunyai ciri khas dalam bentuk kemasannya yang dibungkus dengan kertas minyak berwarna warni seperti hijau merah kuning dan terkesan seperti makanan klasik zaman dulu.

Baca Juga:  20 Oleh-oleh Khas Ketapang yang Wajib dibawa Pulang Saat Ini

4. Keciput kudus
Keciput pada awalnya adalah sebuah sajian makanan kecil ciri khas kota Kudus yang seringkali disajikan pada saat perayaan lebaran idul Fitri untuk tamu-tamu yang datang berkunjung ke rumah.
jika Anda belum pernah melihat apa itu makanan keciput, Sekilas Anda bisa membayangkan seperti melihat onde-onde dalam bentuk bulatan lonjong dengan ciri khas balutan biji wijen.Rasanya yang gurih dan nikmat memang sangat pas untuk dijadikan cemilan pada saat bersantai dan bisa anda jadikan sebagai salah satu oleh-oleh ciri khas kota Kudus.

5. Kacang bawang sumber gelis kudus
Sesuai dengan namanya kacang bawang adalah makanan ringan yang terbuat dari kacang yang digoreng dengan bawang putih sebagai penyedap dan kemudian ditambahkan bumbu dengan ajakan khusus dan memiliki cita rasa yang manis dibandingkan kacang bawang dari daerah lain.
Nama sumber gelis diambil dari lokasi produsen pertama kacang bawang ini yang berada tidak jauh dari kali terbesar di kota Kudus yaitu kaligelis sehingga dinamakan kacang bawang sumber gelis.

6. Keripik Pakis kudus
Daun pakis sudah lama dikenal sebagi salah satu menu kuliner khas yang ada di Lereng Muria. Di kaki gunung muria, ,terdapat sebuah warung makan dengan menu utama pecel pakis yang melegenda. Dengan sedikit olahan kreatif, anak muda di Lereng muria ini mengolah pakis menjadi keripik yang lezat. Ide dari kripik pakis ini berasal dari kripik bayam, atau kripik sayur yang lainya.

7. Kopi Muria kudus
Bagi Anda pencinta kipi, tidak ada salahanya untuk mecoba kopi muria yang sedang populer. Popularitas dari kopi ini terus menanjak karena peran penting dari para komunitas pecinta kopi. Kopi muria adalah salah satu jenis kop yang sering dipanen di wilayah lereng muria. Anda bisa menemukan kopi muria di beberapa kedai kedai kopi yang ternama di Kudus. Kopi Tjompok Lereng Muria adalah salah satu kedai warung yang menyediakan kopi muria tersebut.

Baca Juga:  7 Oleh-oleh Khas Sumedang yang Terkenal Saat Ini

8. Sirup Parijoto kudus
Parijoto adalah buah unik berwarna ungu yang merupakan makanan atau buah khas dari pegunungan lereng Muria. Buah yang banyak sudah diteliti secara ilmiah ini memangmengandung zat yang baik untuk tubuh ini konon katanya bisa atau sangat baik untuk ibu yang mengandung. Namun terlepas dari penelitian tersebut, ada mitos yang mengatakan jika ibu hamil mengkonsumsi buah parijoto ini, maka anak yang nantinya dilahirkan akan berparas tampan atau cantik.

Itulah Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Kudus yang Favorit saat ini.

Alam disekitar Indonesia selalu menjadi daya tarik dan minat semua orang, mulai dari masyarakat lokal atau sekitar Indonesia sampai dengan masyarakat macanegara atau dunia. Keindahan alam yang dimiliki oleh Indonesia begitu indah dan beragam yang memang wajar akan selalu diminati para pelancong. Mulai dari danau, laut, bukit, pegunungan, hutan, dan lain sebagainya terdapat di Indonesia.

Dengan kita berwisata di indonesia dan membeli oleh-oleh dari masyarakat lokal yang ada di daerahnya. Kita turut membantu mengangkat perekonomian dan juga keberlangsungan tempat-tempat wisata indah yang ada di indonesia