7 Oleh-oleh Khas Purworejo yang Kekinian Saat Ini

Oleh-Oleh Khas Purworejo

Oleh-oleh Khas Purworejo – Berliburan menjadi kegemaran sebagian orang, bisa jadi salah satunya adalah kamu. Beri kesegaran kembali pikiran yang pengap dan tubuh yang sudah mulai capek adalah alasan paling logis dari hal ini. Lantas, bagaimana dengan wisata belanja? Apakah juga menjadi kesukaan Anda?

Dalam Bertamasya kurang afdol bila tidak mencari oleh-oleh khas daerah yang didatangi. Oleh-oleh yang dibeli biasanya berupa kuliner atau pernak-pernik. Oleh-oleh itu dibeli buat dimakan sendiri, dipakai sendiri, maupun dikasihkan ke sanak keluarga.

Manjakan Diri dengan Wisata Belanja Oleh-Oleh Khas Purworejo yang Paling Hits

Memanjakan diri dapat dengan berbagai cara, kamu yang kebetulan tengah memperoleh bonus dari tugas bisa berpiknik sembari belanja. Menghabiskan uang bonus dengan membelanjakannya tentu akan bikin suasana hati kembali riang. Asalkan, tidak mengganggu tabungan dan uang bulanan.

Wisata belanja menjadi salah satu cara buat menyingkirkan kepenatan. Mereka yang suka sekali pada kegiatan ini biasanya adalah para wanita. Walau begitu, kaum pria juga banyak pula yang menggilai aktifitas ini.

Membeli bermacam perlengkapan yang kadangkala tidak diperlukan menjadi seni sendiri dalam Berwisata sambil belanja ini. Namun, hal ini mungkin hanya terjadi pada mereka yang punya sifat shopacholic. Sementara yang lainnya, barang-barang yang dibeli umumnya memang memiliki manfaat tersendiri.

Saat-saat yang paling menyenangkan saat wisata belanja berlangsung adalah saat memilih aneka oleh-oleh atau buah tangan. Menawar dengan harga serendah-rendahnya lalu mendapatkan barang tersebut merupakan sebuah prestasi tersendiri, khususnya untuk kaum wanita. Mendapatkan barang yang diinginkan dengan harga yang cukup bersahabat dengan kantong merupakan kepuasan tersendiri.

Memanjakan diri dengan cara yang satu ini memang memerlukan budget khusus. Tidak boleh dicampur dengan kebutuhan buat sehari-hari. Sudah pasti, biar setelah pulang dari berwisata, kamu tidak kembali stres memikirkan uang yang habis.

Wisata Belanja Oleh-oleh khas Purworejo yang Paling Hits

Indonesia punya banyak sekali obyek wisata. Tempat rekreasi itu tentunya sudah lengkap dengan para pedagang yang menawarkan oleh-oleh atau buah tangan. Salah satu kota tujuan wisata yang banyak disukai oleh warga, baik dalam maupun luar negeri ialah Purworejo.

Di Purworejo, kamu dapat berwisata belanja sepuasnya. Membeli barang-barang cantik juga unik khas kerajinan tangan warga pasti tak akan Anda lewatkan. Harganya yang murah serta bentuknya yang unik merupakan kekuatan yang dimiliki oleh barang-barang khas Purworejo.

Berikut Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Purworejo yang Favorit

1. Geblek purworejo
Geblek terbuat dari tepung singkong yang telah diberi bumbu dalam bentuk bawang goreng gurih. Geblek ini sebenarnya adalah makanan khas dari Kabupaten Kulonprogo, Purworejo dan Wonosobo. Hal unik tentang geblek ini terletak pada rasanya dan berbeda dari satu daerah ke daerah lain.

Geblek bisa sangat enak dinikmati ketika masih hangat. Atau, bisa juga dicampur menggunakan saus kacang. Karena memiliki bentuk bulat, beberapa orang menyebutnya dengan nama gelangan.

2. Jenang Krasikan purworejo
Bahan utama untuk membuat jenang krasikan adalah beras ketan serta gula merah. Sebagai tambahan, jenang krasikan juga diberi santan dan sedikit garam sehingga jenang ini terasa nikmat. Jenang krasikan memiliki tekstur yang lembut hingga saat terasa lumer di mulut.

Jenang krasikan rasanya manis tapi tidak membuat eneg. Umumnya oleh-oleh khas Purworejo ini dijual dalam potongan-potongan kecil berbungkus plastik tipis dan dimasukkan dalam sebuah wadah. Harga jengan bergantung pada besar kecilnya juga tingkat ketebalannya, yaitu sekitar Rp20.000 – Rp40.000.

Mendekati lebaran, para pedangan makanan kecil banyak yang menjajakan jenang krasikan. Makanan manis ini sering dihidangkan ketika ada kumpul-kumpul keluarga. Untuk membelinya, kamu bisa berkunjung ke pusat oleh-oleh ataupun pasar tradisional di daerah Purworejo.

3. Clorot purworejo
kue clorot juga merupakan kue basah yang sudah ada semanjak zaman dulu. Kue ini merupakan jajanan pasar yang bisa dengan mudah kamu temui di Purworejo.

Kue clorot dibuat dari bahan seperti tepung beras, gula jawa, dan santan. Clorot dikemas dalam bentuk yang unik, yaitu seperti terompet. Daun yang digunakan untuk membungkusnya adalah daun kelapa yang dililit-lilih hingga membentuk corong.

4. Jenang Krasikan purworejo
jenang krasikan yang biasa dipilih sebagai oleh-oleh. Jenang ini terbuat dari beras ketan yang sebelumnya dicampur dengan santan dan gula merah. Jenang khas Purworejo ini berbeda dengan jenis jenang pada umumnya yang lunak. Tekstur jenang krasikan lebih kasar.

5. Kue Satu purworejo
Kue satu merupakan salah satu jenis kue yang bisa kamu temukan di beberapa daerah di Indonesia, termasuk di Purworejo. Mengapa kue ini diberi nama kue satu? Tak ada orang yang tahu alasannya. Nama lain dari kue ini adalah kue kroya. Biasanya kue ini dihidangkan ketika hari raya, contohnya Lebaran.

Bahan utama untuk membuat kue satu yaitu tepung kacang hijau kemudian ditambah dengan gula pasir dan perasa sebagai untuk campuran bahannya. Harga kue yang bisa kamu temukan di Purworejo ini murah.

6. Kue Lompong purworejo
Kue Lompong adalah sejenis kue basah. Bahan dasar pembuatnya menggunakan batang daun talas atau yang masyarakat sekitar menyebutnya lompong yang telah dihancurkan. Lompong inilah yang kemudian akan memberikan efek warna hitam pada kue.

Setelah itu, lompong dicampur dengan gula, tepung ketan dan tepung merah. Di sisi lain, untuk dalaman kuenya biasa diisi dengan kacang tanah yang sudah ditumbuk dan rasanya sangat manis. Untuk rasa, kue lompong memiliki ciri khas tersendiri, karena dibungkus menggunakan daun pisang kering.

7. Lanting purworejo
Rasa camilan yang disebut lanting ini beragam, seperti rasa keju, rasa pedas dan manis, rasa bawang, hingga rasa asin. Pilihannya bergantu pada selera kamu. Para orang tua menyukai rasa bawang putih karena memiliki rasa yng gurih dan asin.

Camilan ini praktis mudah dibawa juga tahan lama sehingga cocok untuk dibuat jadi oleh-oleh khas Purworejo Harga per bungkus kecilnya murah saja, sekitar Rp10.000. Ketika membeli lanting perhatikan warnanya. Kalau tidak kusam biasanya rantingnya renyah.

Itulah Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Purworejo yang Populer saat ini.

Alam disekitar Indonesia selalu menjadi daya tarik dan minat semua orang, mulai dari masyarakat lokal atau sekitar Indonesia sampai dengan masyarakat macanegara atau dunia. Keindahan alam yang dimiliki oleh Indonesia begitu indah dan beragam yang memang wajar akan selalu diminati para pelancong. Mulai dari danau, laut, bukit, pegunungan, hutan, dan lain sebagainya terdapat di Indonesia.

Dengan kita berwisata di indonesia dan membeli oleh-oleh dari masyarakat lokal yang ada di daerahnya. Kita turut membantu mengangkat perekonomian dan juga keberlangsungan tempat-tempat wisata indah yang ada di indonesia