10 Oleh-oleh Khas Jembrana yang Favorit Saat Ini

Oleh-Oleh Khas Jembrana

Oleh-oleh Khas Jembrana – Bertamasya menjadi hobi sebagian orang, bisa jadi salah satunya ialah Anda. Beri kesegaran kembali pikiran yang pengap serta tubuh yang sudah mulai lelah adalah alasan paling masuk akal dari hal ini. Lalu, bagaimana dengan wisata belanja? Apakah juga menjadi hobi kamu?

Dalam Berpiknik kurang afdol apabila tak mencari oleh-oleh khas daerah yang didatangi. Oleh-oleh yang dibeli kebanyakan berbentuk makanan ataupun pernak-pernik. Oleh-oleh itu dibeli untuk dipakai sendiri, dipakai sendiri, ataupun dibagi ke sanak keluarga.

Manjakan Diri dengan Wisata Belanja Oleh-Oleh Khas Jembrana yang Terkenal

Memanjakan diri bisa dengan bermacam cara, Anda yang kebetulan tengah mendapatkan bonus dari pekerjaan bisa berekreasi sembari belanja. Menghabiskan uang bonus dengan membelanjakannya pasti akan membuat suasana hati kembali gembira. Jikalau, tidak mengganggu tabungan dan uang bulanan.

Wisata belanja menjadi salah satu cara untuk menyingkirkan kepenatan. Mereka yang suka sekali pada kegiatan ini biasanya ialah para wanita. Meskipun demikian, para pria juga banyak pula yang menyukai aktifitas ini.

Membeli bermacam perlengkapan yang kadang-kadang tak dibutuhkan menjadi seni sendiri dalam Berpiknik sembari belanja ini. Tapi, hal ini mungkin hanya terjadi pada mereka yang memiliki sifat shopacholic. Sementara yang lainnya, barang-barang yang dibeli kebanyakan memang mempunyai manfaat tersendiri.

Saat-saat yang sangat membahagiakan saat wisata belanja berlangsung adalah saat memilih aneka oleh-oleh atau buah tangan. Menawar dengan harga serendah-rendahnya lalu memperoleh barang tersebut merupakan sebuah prestasi tersendiri, terkhusus bagi kaum wanita. Mendapatkan barang yang diinginkan dengan harga yang cukup ramah dengan kantong merupakan kepuasan tersendiri.

Memanjakan diri dengan cara yang satu ini memang membutuhkan budget khusus. Tidak boleh dicampur dengan kebutuhan untuk sehari-hari. Sudah pasti, supaya habis pulang dari berwisata, Anda tidak kembali stres memikirkan uang yang habis.

Wisata Belanja Oleh-oleh khas Jembrana yang Populer

Indonesia memiliki banyak sekali tempat wisata. Tempat rekreasi itu tentunya sudah lengkap dengan para pedagang yang menjajakan oleh-oleh atau buah tangan. Salah satu kota tujuan liburan yang banyak diminati oleh orang-orang, baik dalam maupun luar negeri ialah Jembrana. Anda dapat berwisata belanja sepuasnya. Membeli barang-barang cantik juga unik khas kerajinan tangan warga tentu tidak akan kamu lewatkan. Harganya yang murah serta bentuknya yang unik adalah kekuatan yang dimiliki oleh barang-barang khas Jembrana.

Berikut Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Jembrana yang Kekinian

– Tipat Blayag

Makanan yang satu ini sebenarnya berasal dari Buleleng Bali dan merupakan makanan yang berupa ketupat akan tetapi mempunyai bentuk yang mirip dengan lontong, di bentuk menggunakan janur muda yang bisa juga dengan menggunakan daun enau yang masih muda untuk membuat Tipat Blayag ini.

Untuk menciptakan sebuah cita rasa khas bali Tipat Blayag di berikan bumbu yang mana bumbu tersebut terbuat dari olahan tepung beras dan juga bumbu rempah khas bali yang enak. Tentu saja Tipat Blayag ini di campur dengan bumbu rempah khas bali yang sangat kental akan menghasilkan makanan yang lezat. Biasanya Tipat Blayag ini di campur juga dengan ayam sisit, sayur urab, kacang kedelai atau kacang tanah dan lauk yang lainnya.

– Nasi Jinggo
Nasi Jinggo adalah makanan khas jembrana bali yang kita maksud yang merupakan makanan yang di bungkus dengan menggunakan daun pisang yang tidak lupa di sediakan sambal khas bali bagi para pencinta makanan pedas.Beberapa lauk yang sering kita jumpai seperti misalkan saja mie goreng, ayam suwir dan tempe goreng.

– Pia/Bakpia
Di Bali ada dua merk besar yang menjual Pia khas Bali. Dua merk tersebut adalah Pia Legong dan Pia Elji. Kedua merk ini sama-sama menyajikan Pia Bali yang lezat dan memiliki banyak isian rasa. Pia dari kedua merk tersebut tak hanya cocok untuk kamu santap, tetapi juga untuk kamu bawa pulang.

– Pie Susu
Pie Susu sendiri memiliki bentuk serupa pie, namun agak lebih gepeng sedikit. Pada bagian tengah kue ini, kamu bakal menemukan fla susu kekuningan yang manis dan gurih. Kue ini cocok disantap langsung atau disertai dengan secangkir teh/kopi.

– Laklak
Secara tampilan, kue ini mirip dengan serabi yang biasa ditemui di beberapa daerah di pulau Jawa. Adapun perbedaan kue ini dengan serabi adalah warnanya yang lebih kehijauan (dan terkadang juga putih), serta bentuknya yang lebih kecil.Kue Laklak sendiri dibuat dari campuran tepung beras, air, dan daun suji. Campuran bahan tersebut lantas diletakkan di atas cetakan yang telah diberi bara api di bagian bawahnya. Setelah matang, kue ini akan disajikan dengan gula merah cair dan taburan kelapa parut.

– Ayam Betutu
Ayam Betutu, tentu jika anda kebetulan sedang berada di Pulau Bali rasanya wajib untuk anda mencicipi Ayam Betutu ini. Masakan khas jembrana bali ini merupakan makanan pedas yang sangat kaya akan rasa bumbu rempahnya.Tentu rasa pedas gurih yang anda dapatkan dari Ayam Betutu ini bisa membuat lidah anda keenakan. Pasalnya bumbu tersebut langsung di masukkan ke dalam bagian perut ayam kampung yang tentu saja hal ini membuat bumbu yang ada meresap langsung ke dalam daging ayam kampung tersebut. Kemudian daging tersebut dibungkus dengan daun pisang kemudian dipanggang atau bisa juga direbus sehingga menciptakan kaldu atau kuah betutu yang sangat lezat.

– Jaje Injin
Jaje Injin merupakan kue khas Bali yang dibuat dari bahan dasar ketan hitam. Bahan dasar itu nantinya bakal dikukus hingga matang, lalu ditiriskan. Barulah setelahnya diberi taburan kelapa parut, serta gula merah cair di bagian atasnya.

– Babi Guling
Makanan khas bali yang satu ini merupakan makanan yang sepertinya di idolakan oleh para wisatawan asing yang datang ke Pulau Bali, tentu setiap orang mempunyai penilaian tersendiri untuk makanan khas bali yang satu ini, pasalnya daging yang di gunakan dalam makanan khas bali ini adalah daging babi.

-Pisang Rai
Kue ini sendiri dibuat dari pisang yang dipotong-potong beberapa bagian. Pisang yang dipakai adalah pisang tanduk; pisang raja; atau pisang ambon yang tidak terlalu lembek dan agak tua. Pisang yang dipakai nantinya akan dibalut dengan adonan berwarna hijau berbahan dasar tepung beras, santan, pewarna hijau, dan tepung tapioka.

– Sate Lilit
Sate Lilit ini di buat dengan cara di lilit. Cara pembuatannya adalah dengan mencincang daging yang akan di buat menjadi sate, kemudian di campur dengan bumbu rempah khas bali yang lezat.Dengan menggunakan batang daun serai atau batang daun kelapa yang diserut kemudian daging yang di cincang tadi dililitkan, daging yang sudah di cincang ini menciptakan tekstur yang sangat empuk. Beberapa daging yang biasanya di gunakan untuk membuat Sate Lilit ini adalah daging babi, daging ayam, ikan tenggiri atau ikan tuna. Akan tetapi hingga saat ini Sate Lilit yang menggunakan ikan tenggiri dan ikan tuna yang menjadi favorit.

Itulah Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Jembrana yang Favorit saat ini.

Alam disekitar Indonesia selalu menjadi daya tarik dan minat semua orang, mulai dari masyarakat lokal atau sekitar Indonesia sampai dengan masyarakat mancanegara atau dunia. Keindahan alam yang dimiliki oleh Indonesia begitu indah dan beragam yang memang wajar akan selalu diminati para pelancong. Mulai dari danau, laut, bukit, pegunungan, hutan, dan lain sebagainya terdapat di Indonesia.

Dengan kita berwisata di indonesia dan membeli oleh-oleh dari masyarakat lokal yang ada di daerahnya. Kita turut membantu mengangkat perekonomian dan juga keberlangsungan tempat-tempat wisata indah yang ada di indonesia