12 Oleh-oleh Khas Karanganyar yang Wajib dibawa Pulang Saat Ini

Oleh-Oleh Khas Karanganyar

Oleh-oleh Khas Karanganyar – Bertamasya menjadi kesukaan sebagian orang, bisa jadi salah satunya ialah Anda. Berikan kesegaran kembali pikiran yang pengap serta badan yang sudah mulai lelah ialah alasan paling masuk akal dari hal ini. Lalu, bagaimana dengan wisata belanja? Apakah juga menjadi kegeraman Anda?

Dalam Berpiknik kurang afdol apabila tidak mencari oleh-oleh khas daerah yang didatangi. Oleh-oleh yang dibeli rata-rata berupa kuliner maupun pernak-pernik. Oleh-oleh tersebut dibeli untuk disantap sendiri, digunakan sendiri, maupun dibagi ke sanak keluarga.

Manjakan Diri dengan Wisata Belanja Oleh-Oleh Khas Karanganyar yang Melegenda

Memanjakan diri bisa dengan beragam cara, kamu yang kebetulan lagi memperoleh bonus dari tugas bisa berwisata sambil belanja. Menghabiskan uang bonus dengan membelanjakannya pasti akan bikin suasana hati kembali gembira. Apabila, tidak mengganggu tabungan dan uang bulanan.

Wisata belanja menjadi salah satu cara untuk menyingkirkan kepenatan. Mereka yang suka sekali terhadap aktifitas ini biasanya ialah para perempuan. Walau begitu, para pria juga banyak yang menggilai aktifitas ini.

Membeli bermacam perlengkapan yang kadangkala tidak dibutuhkan menjadi seni sendiri dalam Berpiknik sembari belanja ini. Tapi, hal ini mungkin hanya terjadi pada mereka yang punya sifat shopacholic. Sementara yang lainnya, barang-barang yang dibeli kebanyakan memang punya kegunaan tersendiri.

Saat-saat yang paling membahagiakan saat wisata belanja berlangsung ialah saat memilih aneka oleh-oleh atau buah tangan. Menawar dengan harga serendah-rendahnya lalu memperoleh barang tersebut merupakan sebuah prestasi tersendiri, khususnya untuk kaum perempuan. Memperoleh barang yang diinginkan dengan harga yang cukup ramah dengan kantong merupakan kepuasan tersendiri.

Memanjakan diri dengan cara yang satu ini memang memerlukan budget khusus. Tidak boleh dicampur dengan kebutuhan buat sehari-hari. Pastinya, agar habis pulang dari berwisata, kamu tidak kembali stres memikirkan uang yang habis.

Wisata Belanja Oleh-oleh di Karanganyar yang Populer

Indonesia punya banyak sekali tempat wisata. Tempat wisata itu pastinya sudah lengkap dengan para pedagang yang menjual oleh-oleh atau buah tangan. Salah satu kota tujuan wisata yang banyak disukai oleh masyarakat, baik dalam maupun luar negeri ialah Karanganyar.

Di Karanganyar, Anda dapat berwisata belanja sepuasnya. Membeli barang-barang cantik juga unik khas kerajinan tangan warga tentu tidak akan kamu lewatkan. Harganya yang murah serta bentuknya yang unik merupakan kekuatan yang dimiliki oleh barang-barang khas Karanganyar.

Berikut Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Karanganyar yang Populer

– Timus Karanganyar
Bahan utama pembuatan timus khas Karanganyar adalah ubi rambat. Timus memiliki tekstur yang lembut dan pulen. Rasanya manis legit. Cocok disajikan bersama dengan secangkir teh panas atau kopi. Harganya Rp2.000 per buah.

– Sate Landak Karanganyar
Hidangan satu ini tak membuat Anda lantas mengiranya daging landak. Karena daging telah dipotong potong dadu dan ditusuk dengan tusuk sate pada umumnya. Proses pembakaran yang dilakukan juga sama, yaitu memakai arang agar menimbulkan aroma khas dan nikmat. Dari segi cita rasa, daging landak hampir mirip dengan ayam tetapi memiliki tingkat kenyal yang berbeda. Untuk satu porsi dibanderol sekitar 20 ribu rupiah dengan jumlah 10 tusuk.

– Grubi Karanganyar
Makanan satu ini tidak hanya disajikan untuk tamu, tetapi juga sering dijadikan sebagai oleh oleh untuk kerabat atau saudara. Makanan yang bercita rasa manis ini memakai bahan dasar ketela rambat, kelapa, dan gula jawa. Cara membuat camilan ini cukup mudah dan murah dengan bahan yang mudah ditemukan. Makanan tradisional ini sering ditemukan di tempat jual oleh oleh, tetapi saat ini cukup sulit untuk mendapatkannya.

– Balung Kethek Karanganyar
Balung kethek yang dalam bahasa Indonesia berarti tulang monyet ini sebenarnya adalah camilan yang terbuat dari ubi kayu atau singkong yang direbus sampai teksturnya menjadi empuk. Setelah itu ubi kayu atau singkong tersebut didinginkan, kemudian diiris tipis lalu digoreng.

Balung kethek tersedia dalam berbagai varian rasa seperti original, manis, dan pedas. Rasanya gurih dan nikmat. Harganya Rp22.000 per 500 gram.

– Keripik Pisang Karanganyar
Sesuai namanya, keripik ini terbuat dari pisang yang sebelumnya diiris tipis lalu digoreng. Uniknya buah yang digunakan adalah pisang khas Karanganyar yang dinamakan pisang byok. Pisang ini walaupun sudah matang, kulitnya akan tetap berwarna hijau. Rasanya yang gurih, harga keripik pisang berkisar Rp20.000 per bungkus.

– Blangkon Karanganyar
Ingin membeli blangkon saat berkunjung ke Karanganyar, kamu bisa membelinya di kawasan wisata Girilayu, kecamatan Matesih. Dijahit secara manual menggunakan tangan, blangkon asal Karanganyar memiliki kualitas yang baik. Harganya mulai dari Rp35.000 pwr buah tergantung ukurannya.

– Ayam Tim Mbok Yem
Oleh-oleh khas Karanganyar yang pertama bisa kamu dapatkan di warung Mbok Yem. Warung ini memiliki menu andalan yaitu ayam tim.

Terlihat setiap hari antrian pembeli yang ingin merasakan nikmatnya ayam tim yang disajikan bersama sambal ijo dijamin buat lidah bergoyang, belum lagi gurih serta empuknya ayam tim membuat siapa saja yang mencicipi ketagihan.

– Kincir Angin
Satu lagi oleh-oleh khas Karanganyar yang cukup unik dan kreatif yaitu kincir angin. Kincir angin dibuat oleh warga – warga kreatif guna membantu melestarikan budaya Indonesia yang memanfaatkan kayu yang ada sebagai bahan baku serta dapat membantu perekonomian keluarga.

Jika kamu ingin membawa pulang kincir angin sebagai oleh-oleh bisa datang langsung ke kawasan dusun Bloro, Desa Karangpandan, Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar. Untuk harganya juga cukup bersahabat dijual mulai dari 50 hingga 200 ribu rupiah.

Itulah Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Karanganyar yang Favorit saat ini.

Alam disekitar Indonesia selalu menjadi daya tarik dan minat semua orang, mulai dari masyarakat lokal atau sekitar Indonesia sampai dengan masyarakat macanegara atau dunia. Keindahan alam yang dimiliki oleh Indonesia begitu indah dan beragam yang memang wajar akan selalu diminati para pelancong. Mulai dari danau, laut, bukit, pegunungan, hutan, dan lain sebagainya terdapat di Indonesia.

Dengan kita berwisata di indonesia dan membeli oleh-oleh dari masyarakat lokal yang ada di daerahnya. Kita turut membantu mengangkat perekonomian dan juga keberlangsungan tempat-tempat wisata indah yang ada di indonesia